Warga Binaan Lapas IIA Kendal Mendapatkan Pelatihan Mengelas

Warga binaan saat mengikuti pelatihan mengelas, Rabu (17/3/2021).

 

HALO KENDAL – Selama 18 hari sejak 1 Maret 2021, sebanyak 15 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2A Kendal mengikuti pelatihan teknik las.

Pihak Lapas mendatangkan tutor dari Balai Latihan Kerja (BLK) Mandiri Sejahtera Kendal yang memberikan bimbingan dan pelatihan.

Kepala Lapas Kelas 2A Kendal, Samsul Hidayat mengatakan, program pelatihan ini untuk memberikan bekal keterampilan, sehingga keahlian yang dimiliki bisa untuk menopang kehidupan setelah keluar nanti.

“Yaitu dengan membuka bengkel las sendiri atau bekerja di pabrik. Lapas juga menyediakan bahan matrial untuk praktik pelatihan. Saya lihat para peserta semangat mengikuti pelatihan, sehingga sudah bisa praktik membuat teralis sendiri,” kata Samsul Hidayat, Rabu (17/3/2021).

Dikatakan, peserta nantinya setelah lulus pelatihan akan mendapatkan sertifikat.

Bahkan rencananya setelah pelatihan ini, pihaknya juga akan membuka usaha pengelasan dengan pekerja para peserta pelatihan.

“Selain itu juga sedang dipersiapkan pelatihan bidang otomotif kendaraan sepeda motor,” imbuh Samsul Hidayat.

Tutor pelatihan, Slamet Triyono mengatakan, materi pelatihan meliputi dasar pengelasan normal, horizontal, dan vertikal atau 3G.

“Praktik yang dikerjakan di antaranya membuat teralis, besi penutup gorong-gorong, dan rangkaian lain. Setelah selesai pelatihan ini, peserta bisa membuka usaha bengkel las sendiri atau bekerja di pabrik,” jelasnya.

Salah seorang peserta, Arif mengaku senang dengan adanya pelatihan keterampilan, karena bisa menjadi bekal untuk bekerja setelah keluar nanti.

Dirinya berharap ada pelatihan keterampilan lainnya seperti kelistrikan dan furniture.

“Dengan danya pelatihan ini, kami berterima kasih sekali, karena bisa dijadikan bekal untuk bekerja setelah keluar nanti,” ungkapnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.