Wali Kota Semarang Sambut Baik Pembukaan Program Study Pariwisata USM

Rektor USM Andy Kridasusila foto bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

 

HALO SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyambut baik atas dibukanya program studi baru, yaitu Program Sarjana Studi Pariwisata di Kampus Universitas Semarang (USM).

Hal tersebut disampaikan Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi kepada Ketua Tim Pembangunan USM, Ir Soeharsojo IPU usai USM menerima SK Kemendikbud Nomor 852/M/2020 tentang izin pembukaan Program Studi Pariwisata Program Sarjana.

“Kami menyambut baik atas dibukanya Program Studi Pariwisata ini, semoga dengan adanya program studi baru tersebut bisa mebantu Pemkot Semarang meningkatkan perekonomian dalam sektor pariwisata” ungkap Hendi.

“Sinergi yang baik antara Pemkot Semarang dan USM yang sudah terjalin ini nantinya akan menciptakan lapangan pekerjaan baru, di mana sektor pariwisata banyak jenis lapangan pekerjaan,” tambahnya.

Sementara pendiri USM yang sekaligus Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Muladi mengatakan, banyak ahli beranggapan bahwa momentum revolusi industri 4.0 dapat dijadikan alat untuk meningkatkan kontribusi pariwisata ke depan.

“Pariwisata dikatakan sebagai industri, karena di dalamnya terdapat berbagai aktivitas yang bisa menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Pariwisata memiliki peran penting dalam ekonomi, karena industri ini menyediakan berbagai lapangan pekerjaan, sekaligus menyumbang devisa yang dibutuhkan oleh negara,” ungakp Muladi.

“Tagar promosi pariwisata dengan branding “Wonderful Indonesia” akan terus dipacu, baik secara online, digital, maupun konvensional. Dengan demikan penciptaan SDM unggul di bidang pariwisata melalui pendidikan tinggi di bidang pariwisata dan perhotelan. Hal ini mutlak harus menjadi prasyarat,” tambahnya.

Mantan Menteri Kehakiman ini menambahkan, bahwa melalui pendidikan vokasi, SDM lulusannya akan siap secara profesional di bidang-bidang perhotelan, restoran/cullinary, kapal pesiar, event management, industri pariwisata, pemandu wisata dan wirausaha tour & travel, serta instansi pemerintah yang relevan dengan kurikulum yang berbasis kompetensi.

Termasuk softskills (personal and social skills di bidang berbagai bahasa asing).

Terkait kesiapan USM menyongsong Program Studi Sarjana Pariwisata ini, Ketua Tim Pembangunan USM Ir Soehasojo IPU mengatakan, bahwa USM saat ini sedang membangun Gedung Menara USM 10 lantai untuk ruang rektorat, ruang kuliah, fasilitas ruang lembaga-lembaga, Unit Kegiatan Mahasiswa, laboratorium, perpustakaan berbasis IT, arena pentas seni mahasiswa, termasuk sarana prasarana untuk mendukung kegiatan mahasiswa.

Serta khususnya praktik mahasiswa program studi pariwisata.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.