in

Wali Kota Harapkan Intake Cepagan dan Spam Regional Dapat Penuhi Kebutuhan Air Bersih Pekalongan

Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, bersama sejumlah pejabat melakukan kunjungan kerja ke proyek intake di Desa Cepagan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Pengambilan sumber air baku (intake) di Desa Cepagan, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air baku untuk Perusda Tirta Yasa  dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional. Sistem di Desa Krompeng, Kecamatan Talun tersebut, untuk memenuhi kebutuhan air bersih Pekalongan, Batang, dan Kota Pekalongan (Petanglong).

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, ketika melakukan kunjungan kerja ke intake tersebut. Dalam kunjungan itu, dia didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Erli Nufiati, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kota Pekalongan, Betty Dahfiani Dahlan seta Direktur Perusahaan Air Minum Daerah Tirta Yasa Muhammad Iqbal

Seperti dirilis Pekalongankota.go.id, Afzan Arslan Djunaid mengatakan produksi air bersih dari unit-unit pengolahan air tersebut, diharapkan dapat mengurangi penggunaan air tanah oleh masyarakat. Selama ini pengambilan air bawah tanah, masih dilakukan oleh hotel dan gedung-gedung di Kota Pekalongan.

Jika penggunaan air tanah dapat dikurangi, diharapkan dapat pula mengurangi land subsidence atau penurunan air tanah. Hal ini sekaligus agar rob di wilayah tersebut tidak semakin parah.

Seperti diketahui, rob atau masuknya air laut ke darat, selain akibat pasang naik, juga penurunan permukaan air tanah.

Wali Kota berharap dengan adanya pembangunan bendungan yang berada di pengambilan sumber air baku (intake) yang berada di Desa Cepagan dan Sambungan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional yang ada di Desa Krompeng dapat memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Pekalongan. (HS-08)

Share This

Sekolah Tatap Muka di Pekalongan Tunggu Covid-19 Turun

Waspada, Lonjakan Covid Tak Terbendung, Munas Kadin di Zona Merah