in

Wakil Ketua Komisi X Apresiasi Gedung Perpustakaan Daerah Kendal

Rombongan Anggota Komisi X DPR RI saat mengunjungi Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal, Jumat (15/7/2022).

HALO KENDAL – Pembangunan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifufin saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kendal, Jumat (15/7/2022).

Hetifah juga didampingi beberapa Anggota Komisi X lainnya, diantaranya Desi Ratnasari dan Mujib Rohmad, meninjau langsung perpustakaan yang diresmikan Kamis (10/2/2022).

Dirinya menilai, di era digitalisasi saat ini, minat baca masyarakat di Kabupaten Kendal cukup tinggi. Sehingga dirinya mendorong Pemkab Kendal untuk memberikan semangat dan fasilitasi kepada masyarakat di Kabupaten Kendal.

“Saya terkesan minat baca masyarakat Kabupaten Kendal cukup tinggi. Tinggal bagaimana kita memberikan semangat dan memberikan fasilitas misalnya dengan menyediakan bukan hanya tempat tapi bahan bacaan, tidak hanya berupa fisik tapi berupa digital,” ungkap Hetifah.

Menurutnya dengan dibangunnya Gedung Perpustakaan Daerah di Kabupaten Kendal yang sangat modern dan fungsional, harapannya ke depan bukan sekedar tempat meletakkan buku. Namun bisa menjadi tempat untuk melakukan kegiatan transformasi perpustakaan menjadi lebih inklusif, dimana masyarakat bisa mengembangkan diri dan potensinya.

“Kami mengapresiasi kepada Pemkab Kendal sangat sportif, semangat-semangat yang diberikan dalam pengembangan literasi. Jadi kerjasama pemerintah pusat dan daerah ini sangat terasa sekali disini,” imbuhnya.

Sementara, pengiat literasi, Munawar mengatakan, meskipun saat ini merupakan era digitalisasi, dirinya berharap perpustakaan tetap eksis dan bisa diaplikasikan ke desa-desa terutama di daerah pegunungan.

“Ini merupakan tantangan, perpustakaan tetap harus diperjuangkan meskipun sekarang jamannya serba digital dan hampir menggeser buku-buku itu. Memang harus ada penanganan secara khusus. Buku sangat penting dibandingkan IT,” ujar Munawar.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal, M Yusuf Ariyanto mengatakan gedung perpustakaan daerah akan direncanakan akan beroperasi pada awal tahun 2023.

Dijelaskan, saat ini gedung perpustakaan masih dalam proses pengisian. Kita ada pengadaan interior maupun eksterior.

“Inya-Allah di tahun 2022 ada pengalokasian anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk pengisian gedung perpustakaan. Kita selesaikan di Desember 2022 dan awal 2023 sudah bisa diperasionalkan,” ujar Yusuf. (HS-06)

Uang Transport Ketua RT Bakal Dinaikkan Jadi Rp 750.000, Ini Harapan Dewan

“Tsunami Kecil” Hantam Sebanyak 26 Desa di Pati