in

Wakil Ketua DPRD Jateng: Jawa Tengah Kekurangan Petani Muda

Wakil Ketua DPRD Jateng, Quatly Abdulkadir Alkatiri membuat pupuk organik di Griya Kompos Aji Berkah Tani, Desa Tlogowono Bono, Tulung, Klaten. (Dok/DPRD Jateng)

HALO KLATEN – Wakil Ketua DPRD Jateng, Quatly Alkatiri melakukan penyerapan aspirasi di daerah pemilihan VII Jawa Tengah di Griya Kompos Aji Berkah Tani, Desa Tlogowono Bono, Tulung, Klaten, Senin (13/12/2021).

Pada reses masa sidang pertama tahun 2021/2022, Quatly manfaatkan kesempatannya dengan bertemu komunitas yang mewadahi para petani muda di Klaten. Legislator PKS ini mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik cair.

“Saat ini di Jawa Tengah kekurangan petani muda. Sepuluh tahun ke depan lumbung pangan di Jawa Tengah bisa hilang. Patut kita beri apresiasi tinggi pada komunitas ini,” tegas Quatly.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah menunjukkan jumlah petani di Klaten ini ada 4.469.728 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 72 persen di antaranya adalah petani yang telah berusia di atas 45 tahun. Sisanya, sebanyak 28 persen merupakan petani usia produktif di bawah usia 45 tahun.

Pelatihan pembuatan pupuk organik cair diadakan dari pagi hingga siang, dihadiri oleh 25 orang anak muda desa Tlogowono Bono Tulung Klaten.

“Terima kasih kami ucapkan untuk Bapak Quatly yang telah memfasilitasi acara ini,” ucap Suharna selaku pemateri pelatihan ini.

Quatly berharap dengan adanya pelatihan ini bisa mengkader anak-anak muda untuk menjadi petani. Ia berharap pelatihan ini bisa menjadi ajang untuk regenerasi petani muda.(HS)

Ingin Kompetitif di Moto2

DPRD Jateng Diskusikan Proses Penganggaran bersama DPRD Jatim