in

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko Dukung Pariwisata Kreatif Berbasis Budaya Lokal

Sosialisasi Non Perda DPRD Jateng di Kaliwiro, Wonosobo, Selasa (20/09/2022).

HALO WONOSOBO – Paska Pandemi Covid 19, ekonomi Jawa Tengah mulai meningkat karena mobilitas masyarakat yang mulai tak terbatasi. Data terbaru tentang tingkat belanja masyarakat, pada periode Juli 2022 berada di level 130,2, artinya kenaikan 30% lebih tinggi.

Kontribusi ini salah satunya didorong dari sektor pariwisata yang ada di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Wonosobo yang menjadi daerah primadona untuk dikunjungi wisatawan.

Sektor pariwisata di Wonosobo yang selama ini dikenal dengan wisata alam yang sejuk, membuat Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Heri Pudyatmoko mendorong pemerintah daerah dapat mengembangkan pariwisatanya yang berbasis budaya Lokal.

Politisi Gerindra tersebut mengatakan, Kabupaten Wonosobo yang kaya akan budaya lokal mulai dari kuliner, kesenian, dan semacamnya pun dapat menjadi bagian dari pariwisata edukatif dan kreatif.

“Wonosobo punya banyak hal, seperti budaya lokal untuk jadi objek yang menarik wisatawan,” kata Heri dalam kegiatan Sosialisasi Non Perda, Selasa (20/09/2022) di Kaliwiro, Wonosobo.

Dalam pemaparan kegiatan yang dihadiri berbagai kalangan seperti aktivis dan tokoh masyarakat ini, Heri Pudyatmoko menambahkan, semua pihak diharapkan bersama-sama berkomiten untuk kemajuan sektor pariwisata di daerah ini. Baik pemerintah, masyarakat, pengusaha, dan lainnya. Termasuk merumuskan pola dalam pengemasan wisata dan pemasarannya.

“Saya rasa Wonosobo lebih mudah dibandingkan daerah lain, karena potensi dan kerukunan masyarakatnya,” imbuhnya.

Salah satu peserta diskusi, Wibowo, aktivis muda asal Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo mengatakan, pentingnya mengajak generasi muda untuk berperan aktif dalam pembahasan ini. Ini karena menurutnya, generasi muda yang selalu ingin up to date dan kreatif.

“Kita nanti kemas secara milenial dan viralkan,” terangnya.

Pembahasan yang mengambil tema “Pariwisata Kreatif Berbasis Budaya” Lokal berlangsung menarik. Salah satu peserta, Septiani berharap dukungan yang penuh dari pemerintah setempat dan provinsi untuk mendukung apa yang telah dibahas dalam diskusi ini.

“Kita sangat butuh bimbingan dan dukungan dari pemerintah daerah maupun provinsi dong pak. Kalo kita sendiri yang mengerjakan akan kesulitan,” ungkap Septi.

Menanggapi hal ini, Heri Pudyatmoko pun mendukung penuh dengan program-program yang bisa diupayakan untuk membantu menyukseskan pariwisata yang berbasis budaya lokal ini.

“Saya dukung, nanti tinggal dikomunikasikan,” ungkap Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah yang juga seorang yang lama aktif dalam pemberdayaan kebudayaan lokal di Jawa Tengah.(HS)

Rivalitas Pecco-Bestia Hidupkan Persaingan

Angkat Perekonomian Mustahik, Baznas Kendal Gelar Pelatihan Kuliner Waralaba Fried Chiken