Wakil Ketua DPRD Jateng Dorong Mahasiswa menjadi Insan Milenial Tangguh dan Berkarakter

Sukirman saat hadir sebagai pembicara dalam kegiatan PKKBM Unnes 2020 yang digelar secara daring dari Gedung Rektorat Unnes, Minggu (6/9/2020), yang disiarkan live streaming di aplikasi YouTube.

 

HALO SEMARANG – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Sukirman menghadiri kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) Universitas Negeri Semarang (Unnes) 2020, yang dilaksanakan secara online/dalam jaringan (daring) melalui aplikasi Zoom di Gedung Rektorat Unnes, Gunung Pati Kota Semarang, Minggu (6/9/2020).

Kegiatan yang disiarkan langsung (live streaming) di aplikasi YouTube itu mengambil tema ‘Membangun Insan Berkarakter untuk Indonesia Maju 2020’.

Dalam sambutan, Muh Afwan Maulana selaku Ketua Panitia Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK) Unnes menjelaskan, bahwa tema tersebut diambil untuk mendorong para mahasiswa baru agar lebih bersemangat menjalani kehidupan kampus di Unnes.

Selain itu, tema tersebut juga untuk membangun mahasiswa yang tangguh untuk Indonesia Maju.

“Mari bersama-sama membangun insan unggul dan tanguh,” kata Afwan.

Sambutan dilanjut Rektor Unnes, Fatur Rokhman, yang menjelaskan bahwa setiap mahasiswa harus memiliki jiwa kepemimpinan untuk meraih kesuksesan di masa depan. Di Kampus Unnes, ada pelatihan kepemimpinan agar mahasiswa bisa berhasil.

“Seperti halnya pohon, sebagai simbol karakter yang baik, kepemimpinan yang bertumbuh. Tumbuhkan benih kepemimpinan dengan beberapa cara. Di antaranya bersyukur, sadar perubahan, berkomitmen, meningkatkan literasi/kompetensi, dan berpartisipatif. Jadilah pemimpin yang bertumbuh dan menginspirasi. Berilah juga inspirasi itu kepada dunia melalui medsos mengenai kebanggaan menjadi mahasiswa Unnes,” kata Fatur.

Usai memberikan sambutannya, rektor kemudian mempersilakan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo memberikan beberapa pesan kepada mahasiswa baru secara daring. Pada kesempatan itu, Bambang mengatakan, pada 2020 ini Unnes menjadi peringkat kelima perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Oleh karena itu, dia berharap mahasiswa baru mampu beradaptasi sehingga kelak bisa mengembangkan diri menjadi pemimpin.

Dalam hal ini, kata dia, revitalisasi kepemimpinan tersebut perlu dilakukan, mengingat sekarang sudah memasuki Revolusi Industri 4.0. Untuk itu, generasi muda diharapkan bisa open minded saat dihadapkan semua informasi.

“Dengan begitu, generasi muda tidak cukup hanya pintar tapi juga berkarakter dengan wawasan kebangsaan yang kuat,” pesan Politikus Golkar itu.

Kemudian pembicara lainnya, Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman juga mengaku sangat apresiatif dengan ribuan anak muda yang telah diterima masuk sebagai mahasiswa di Kampus Unnes.

Dalam kondisi itu, dia mengingatkan bahwa pengenalan kampus merupakan satu momentum yang selalu diingat. Namun, karena adanya protokol kesehatan, maka pengenalan kampus dilakukan secara daring.

“Unnes mengambil konsep konservasi di era globalisasi. Hal itu sangat baik untuk memberikan bekal bagi mahasiswa baru untuk lebih memahami lingkungan hidup,” kata legislator dari Fraksi PKB DPRD Provinsi Jateng itu.

Diingatkannya pula, soal kebangsaan, bahwa setiap mahasiswa harus berkarakter saat menyikapi kondisi bangsa saat ini, terkait dengan sikap nasionalisme. Dengan begitu, harapan mahasiswa menjadi pemimpin dapat diwujudkan di Kampus Unnes.

“Mahasiswa itu tidak hanya pintar akademik tapi juga mengimbanginya dengan kegiatan bermanfaat lain di kampus seperti keorganisasian. Yang jelas, jadilah mahasiswa yang berkarakter sehingga menjadi mahasiswa milenial yang tangguh,” pesannya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan PKKMB Unnes 2020 itu, ada sejumlah nama tokoh yang hadir secara daring. Di antaranya Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Kantor Staf Kepresidenan, Dany Amrul Ichdan, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI, Aris Junaidi, Motivator Indra Sugiarto, dan sekitar 8.000-an mahasiswa baru Unnes.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.