in

Wakil Ketua DPRD Jateng Apresiasi Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2024

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Sukirman. (foto dok/DPRD Jateng)

HALO SEMARANG – Proses pemungutan suara di Pemilu 2024 sudah selesai dilaksanakan pada 14 Februari lalu. Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman berterima kasih kepada masyarakat Jawa Tengah yang sudah aktif dan berpartisipasi dalam pelaknsaaan Pemilu 2024. Dirinya juga mengapresiasi tingginya pastisipasi masyarakat untuk mensukseskan Pemilu 2024.

Menurutnya, saat ini proses masih dalam tahap rekapitulasi suara di tingkat daerah. Dirinya mengimbau masyarakat tetap tenang dan menjaga kondusifitas sambil menunggu hasil perhitungan suara di KPU.

“Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Jawa Tengah berjalan kondusif, meski ada beberapa daerah yang terganggu akibat bencana alam. Namun secara umum pelaksanaan berjalan lancar pada proses pemungutan suara. Kini tinggal menunggu rekapitulasi di KPU,” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, baru-baru ini.

Dikatakan, untuk pemerintah daerah dirinya mengimbau bisa ikut memperhatikan kesehatan para petugas penyelenggara Pemilu yang sedang melaksanakan proses rekapitulasi. Jangan sampai, kejadian seperti petugas penyelenggara Pemilu sakit atau meninggal dunia seperti yang pernah terjadi, terulang di Jawa Tengah.

“Temen-temen penyelenggara Pemilu harus disupport, baik moril maupun sisi kesehatannya. Kami tidak ingin ada petugas penyelenggara Pemilu sakit atau meninggal dunia karena kelelahan. Harus ada pendampingan kesehatan, atau cek kesehatan pada mereka selama melaksanakan tugas,” katanya.

Dirinya mewakili jajaran DPRD Jateng juga berterima kasih kepada pihak kepolisian, TNI, pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, dan khususnya masyarakat umum yang telah melaksanakan dan mengawal Pemilu dengan lancar di Jateng.

“Semoga hasilnya segera ada penetapan, dan apapun hasilnya kita peserta Pemilu harus menerimanya. Inilah pilihan masyarakat untuk masa depan Indonesia,” tegasnya.

Kondusif

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyatakan, situasi dan kondisi di Jawa Tengah pasca pemungutan suara Pemilu 2024 masih berjalan kondusif.

“Alhamdulillah, sampai saat ini situasi di Jawa Tengah pasca pemungutan dan penghitungan suara masih kondusif. Kemarin pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan lancar dan kondusif,” kata Nana Sudjana.

Kondusivitas itu diharapkan terus tercipta hingga berakhirnya tahapan Pemilu 2024. Nana meminta, pemantauan kondisivitas wilayah oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jateng terus dilakukan sampai akhir tahapan Pemilu 2024.

Untuk menjaga kondusivitas wilayah, lanjut Nana, ia terus menjalin komunikasi dengan Polri dan TNI.

Selain memantau situasi dan kondisi, Kepala OPD yang ditugaskan di lapangan juga harus terus menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Hal ini sebagai langkah antisipatif terkait perkembangan situasi di setiap daerah.(Advetorial-HS)

BNPT  Siapkan Perangkat Countering Terrorism and Preventing Violent Extremism

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Minggu (18/2/2024)