Wakil Bupati Kendal: OPD Butuh Kerja Ekstra untuk Selesaikan Program Pembangunan Tahun 2020

Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur.

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Operasional APBD Tahun 2020 Triwulan III, yang dilaksanakan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Pemkab Kendal, Selasa (13/10/2020).

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur, Sekda Kendal Moh Toha, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kendal Tavip Purnomo, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kendal.

Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur menyampaikan, dia mengaku bangga, meski di tengah pandemi Covid-19 kegiatan ini bisa dilaksanakan sesuai dengan target yang ditetapkan.

Akan tetapi, lanjutnya, masih ada beberapa kegiatan yang harus ditunda atau dibatalkan, dan dialokasikan untuk kegiatan pada Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.

“Saat ini kita sudah memasuki bulan Oktober atau memasuki triwulan akhir Tahun Anggaran 2020. Saya lihat perkembangan pelaksanaan kegiatan dan pembangunan di Kabupaten Kendal sampai dengan bulan ini belum mencapai hasil yang signifikan. Sedangkan waktu pelaksanaan kegiatan Tahun 2020 sudah memasuki akhir tahun,” ungkap Masrur.

Dia juga menyampaikan pesan kepada seluruh Kepala OPD, agar dapat memanfaatkan waktu yang tinggal dua bulan efektif ini dengan melakukan kerja ekstra dalam mewujudkan target pelaksanaan kegiatan dan pembangunan. Tujuannya agar pekerjaan dan program bisa selesai tepat waktu, terukur, dan betul-betul bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab setiap OPD harus dituntaskan dan diselesaikan sesuai jadwal atau time schedule yang ditentukan. Saya tegaskan, penyerapan anggaran harus maksimal dengan pembangunan yang berkualitas, untuk mewujudkan pembangunan Kabupaten Kendal yang lebih maju,” jelas Wakil Bupati Kendal ini.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan untuk dilaksanakan. Pertama, kepada seluruh OPD agar dalam melaksanakan kegiatan pembangunan di tahun 2020 ini, mengikuti alur perencanaan yang telah ditetapkan, tepat sasaran, dan tepat waktu.

Selain itu, dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan melakukan langkah-langkah strategis dan evaluasi, agar capaian kegiatan di Tahun Anggaran 2020 dapat dilaksanakan semua.

“Kedua, kepada OPD yang belum melaksanakan kegiatan atau masih jauh di bawah target, agar melakukan kerja ekstra dan kerja keras, dalam melaksanakan program dan kegiatan. Jangan sampai terjadi keterlambatan pelaksanaan kegiatan, atau tidak dilaksanakan,” imbuhnya.

Dirinya juga mengajak para kepala OPD untuk bersama-sama menyamakan persepsi, menyatukan langkah, sehingga tercipta sinergi untuk berperan nyata dalam perubahan pembangunan daerah Kabupaten Kendal yang lebih baik.

“Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan dapat menjadi forum koordinasi bagi semua OPD untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan, serta mencari solusi atas kendala, masalah, maupun hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Kendal sampai bulan ini,” tutup Wakil Bupati Kendal mengakhiri sambutan Bupati Kendal, Mirna Annisa.

Acara dilanjutkan dengan pembahasan persoalan yang dipimpin Sekda Kendal, M Toha. Disampaikan, bahwa pada prinsipnya di Triwulan III ini secara komulatif lebih baik daripada tahun-tahun kemarin.

Menurutnya, yang menjadi perhatian pada rapat ini adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas dan kelurahan.

“Persoalan yang ada di kelurahan adalah kurangnya ASN, karena masih ada Kepala Kelurahan yang menjabat sebagai Plt, dan stafnya masih kontrak. Sehingga terkendala terkait dengan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan SPJ dan lain sebagainya,” jelasnya.

Moh Toha juga menambahkan, untuk persoalan di Puskesmas, adalah kegiatan tetap berjalan lancar, namun menginput datanya masih terlambat.

Adanya persoalan-persoalan yang terjadi, dirinya meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal untuk melakukan penekanan kepada Puskesmas.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.