in

Wagub Jateng Datangi KPU, Daftarkan Diri Sebagai Calon Anggota DPD RI

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen saat mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI di Kantor Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Kamis (11/5/2203).

HALO SEMARANG – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mendatangi Kantor Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Kamis (11/5/2203). Gus Yasin, sapaan akrabnya kini secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Dirinya juga telah menyerahkan surat pengunduran diri. Ia menerangkan sudah menyerahkan surat pengunduran diri sesuai aturan.

Jika sudah ditetapkan sebagai calon anggota maka jabatan Wagub yang diembannya harus dilepas.

“Terkait dengan pengunduran diri, yang kami tahu kemarin diinformasikan. Apabila akhir jabatannya itu sebelum penetapan, tidak wajib untuk mengundurkan diri, akan tetapi ini sebuah persyaratan. Maka kami juga melayangkan surat pengunduran diri. InsyaAllah siap (mengundurkan diri) kalau memang aturannya harus, kita sebagai warga negara harus mentaati,” ujarnya saat ditemui di Kantor KPU Jateng.

Gus Yasin sendiri mengaku sengaja memilih hari ini sebagai hari pendaftaran. Berdasarkan petuah dari sang ayah KH Maimoen Zubair, Kamis Pahing merupakan hari yang baik untuk pemimpin.

“Pemilihan hari ini tentu yang pertama ini hari Kamis, menurut orang Jawa hari Kamis Pahing dinggo (untuk) pemimpin. Saya mengikuti Mbah Moen saja. Karena tanggal ini tanggal 11 maka saya jamnya ke KPU jam 11.00 WIB. Saya ikuti (Mbah Moen), beliau biasanya hari Kamis,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jateng, Paulus Widyantoro menjelaskan, Gus Yasin telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada atasannya sesuai aturan. Keputusan SK pengunduran diri itu harus diterima KPU sebelum 3 November 2023.

“Saat menyerahkan itu kan menyerahkan surat pengunduran diri yang diterima atasannya langsung. SK pemberhentian diterima KPU sebelum daftar calon tetap 3 November. Masih dalam proses,” bebernya.

Masa jabatan Gus Yasin sendiri akan berakhir pada 5 September 2023. Untuk itu masih ada kemungkinan dirinya tetap menjabat hingga masa jabatan habis, jika pengunduran dirinya keluar setelah tanggal tersebut.

“Yang penting SK sudah kita terima sebelum DCT (Daftar Calon Tetap),” imbuhnya. (HS-06)

Heri Pudyatmoko: Antisipasi Ancaman Banjir Rob di Wilayah Pesisir Jawa Tengah

Pemkab Kebumen Hibahkan Rp 800 Juta untuk Karang Taruna