in

Wadahi Tulisan Ilmiah, PBI Universitas PGRI Semarang Launching ALLURE Journal

PBI Universitas PGRI Semarang meluncurkan ALLURE Journal.

 

HALO SEMARANG – Program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) sukses gelar 1st Undergraduate Conference on Applied Linguistics, Linguistics, and Literature, secara dalam jaringan (daring), belum lama ini.

Acara tersebut bertajuk Envisioning Opportunities of EFL in Post Pandemic. Tujuannya sebagai wadah bagi mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dalam memfasilitasi publikasi ilmiah. Terutama pada kajian penelitian di bidang Applied Linguistics, Linguistics, dan Literature serta education.

Selain hal tersebut, kegiatan ini juga sebagai salah satu proses secara simbolis dalam berdirinya ALLURE Journal yang merepresentasikan Program studi Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang di bidang Applied Linguistic, Linguistic dan Literature.

Dr Sukma Nur Ardini SS MPd selaku Ketua Pelaksana mengapresiasi, melihat antusiasme semangat para mahasiswa, guru, dosen, peneliti yang sangat tinggi terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan kali pertama ALLURE Conference. Akan tetapi, jumlah peserta yang turut berpartisipasi sangat tinggi. Serta tidak hanya dari pendidikan bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang saja. Peserta lain yang bergabung atau berpartisipasi di antaranya, Unnes, Udinus, Politeknik Negeri Malang, Unesa, Universitas Majalengka Cirebon, Politeknik Kesehatan Surakarta, SMP N 3 Surakarta, serta praktisi Pendidikan bahasa Inggris,” tutur Sukma.

Kegiatan ini memberikan semangat serta motivasi kepada peserta civitas akademik untuk mempublikasikan karya ilmiah. Seluruh peserta sangat serius mengikuti kegiatan hingga usai.

Hal ini dikarenakan meski dalam kondisi pandemi yang sedang melanda bangsa harus tetap semangat belajar. Proses belajar mempublikasikan secara ilmiah penting untuk dilaksanakan agar tidak sia-sia.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UPGRIS, Dr Jafar Sodiq berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

“Jika dilaksanakan rutin dan konsisten mengikuti perkebangan dunia ilmiah saat ini. Banyak hasil skripsi, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang tidak dilanjutkan pada jurnal atau proseding yang berkualitas. PBI UPGRIS berupaya untuk mewadahi hasil ilmiah tersebut. Selain itu juga hasil-hasil riset dan karya ilmiah yang tentunya inovatif serta mengikuti perkembangan zaman khususnya revolusi industry 4.0 dan era society 5.0 mendatang,” ucap Jafar.(HS)

Share This

Bantu Percepatan Vaksinasi, Pegadaian Kanwil XI Semarang Gelar Sentra Vaksin Bersama BUMN

Beri Kemudahan, Pemkot Pekalongan Gunakan OSS-RBA dalam Proses Perizinan Berusaha