in

Wabup Purworejo Minta Warganya Bekerja Sama Wujudkan ODF

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti menyerahkan bantuan paket Open Defecation Free (ODF) dan sembako, untuk sejumlah warga di Kelurahan Sucenjurutengah, Selasa (26/9/2003). (Foto : purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti menyerahkan bantuan paket Open Defecation Free (ODF) dan sembako, untuk sejumlah warga di Kelurahan Sucenjurutengah, Selasa (26/9/2003).

Dalam penyerahan yang dilakukan secara simbolis kepada Lurah Sucenjuru Tengah, Kelik Dwi Setyawan itu, tampak hadir Ketua Baznas Purworejo Achmad Hamid, Camat Bayan Dwi Cahyono Hadi Saputro, dan sejumlah unsur terkait.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Purworejo mengatakan Open Defecation Free atau bebas (dari) buang air besar sembarangan, merupakan suatu kondisi di mana masyarakat telah melakukan sanitasi total.

Masyarakat tidak lagi buang air besar di sembarang tempat, karena dapat menjadi salah satu faktor risiko penyebaran penyakit, seperti diare, kolera, dan tifus.

Dengan tercapainya ODF, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Untuk itu, saya meminta seluruh masyarakat terus bekerja sama dalam upaya mewujudkan ODF dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo,” kata dia, seperti dirilis purworejokab.go.id.

Kepada warga Sucenjuru Tengah, Wabup mengajak untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dan tidak BABS.

Pemerintah kelurahan juga diharapkan dapat terus meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan ODF.

“Kepada Dinas Kesehatan, saya meminta untuk terus memberikan pendampingan dan pembinaan kepada kelurahan dalam upaya mewujudkan ODF. Saya yakin, dengan kerja sama yang baik dari seluruh pihak, kita dapat mewujudkan ODF dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo,” tandasnya.

Lurah Sucenjuru Tengah, Kelik Dwi Setyawan menambahkan, berdasarkan hasil verifikasi di lapangan, terdapat 20 keluarga yang masih BABS.

Mereka benar-benar tidak bisa melaksanakan BAB di fasilitas umum atau tempat kerabat terdekat.

”Alhamdulillah setelah kami mengajukan proposal kepada Baznas Purworejo, kami mendapatkan bantuan untuk 20 keluarga ini,” kata dia. (HS-08)

Lantik 422 Pejabat, Bupati Klaten Ingatkan Soal Sumpah dan Janji PNS

Wabup Purworejo Serahkan Bantuan untuk Penurunan Stunting