Wabup Pati : Perlu Sinergi Pemdes dan Karang Taruna untuk Bangun Desa

Wakil Bupati Saiful Arifin,  Muspika Trangkil, Pemerintah Desa Mojoagung, dan pengurus karang taruna, berfoto bersama, seusai pengukuhan pengurus baru di Balai Desa Mojoagung. (Foto : patikab.go.id)

 

HALO PATI – Dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pengembangan desa, diperlukan adanya sinergi pemerintah desa (pemdes) dengan para pemuda, melalui organisasi Karang Taruna. Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat membangun sebuah desa yang Iebih maju Iewat inovasi dan terobosan para pemuda.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Saiful Arifin, selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati, seperti dirilis patikab.go.id, Minggu (25/10).

Wabup mengatakan karang taruna harus berdampingan dengan pemerintah dan komponen masyarakat Iainnya, untuk pengembangan potensi generasi muda di desa, dalam rangka membangun desa.

“Karang Taruna harus bisa menghidupkan peran serta pemuda, dalam membangun desa, melalui berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat,” kata Wabup, saat menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Ketua Karang Taruna Desa Mojoagung,  Kecamatan Trangkil, masa bakti 2020-2025, Sabtu (24/10).

Lebih lanjut Saiful mengatakan bahwa karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif. Salah satunya dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada.

“Karang taruna harus melaksanakan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah sosial di lingkungannya,” kata dia.

Kepada para pengurus, Wakil Bupati berpesan agar mereka selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pemerintahan desa. Menurutnya, karang taruna merupakan sebuah organisasi sosial dalam lingkup desa atau kelurahan, beranggotakan pemuda di lingkungan sekitar, yang ikut berperan terhadap pembangunan di wilayahnya.

Sementara itu pelantikan ketua terpilih, Eko dilakukan oleh Kepala Desa Mojoagung, disaksikan Wakil Bupati, Muspika Kecamatan Trangkil, dan perwakilan pengurus karang taruna. Pengukuhan dilakukan di Balai Desa Mojoagung, dengan menerapkan protokol kesehatan. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.