Wabup : Masyarakat Kebumen Jangan Takut Divaksin

Wakil Bupati H Arif Sugiyanto, rapat bersama Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono dan Kepala Dinas Kesehatan dokter Budi Satrio, di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN : Wakil Bupati H Arif Sugiyanto, meminta masyarakat tak perlu takut untuk di vaksin. Hal itu karena pelaksanaan vaksinasi harus sesuai dengan petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Wabub dalam rapat bersama Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono dan Kepala Dinas Kesehatan dokter Budi Satrio, Rabu (6/1) di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen.

Wabup juga meminta masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan. Wabup menilai vaksin merupakan bagian dari ikhtiar untuk penanggulangan Covid 19, wabup berharap vaksinasi nantinya dapat berjalan lancar dan aman.

” Tak perlu takut,” kata dia.

Lanjut Arif, dalam juknis pelaksanaan dari Kementerian Kesehatan, vaksinasi Covid-19 akan berlangsung dalam empat tahapan. Para penerima pertama adalah para tenaga kesehatan. Hal itu karena mereka berada di garis terdepan dalam penanggulangan Covid-19.

Penerima vaksin tahap pertama ini juga orang-orang yang telah berusia 18 tahun dan berdomili di Indonesia.

Senada dengan Wabup, Kepala Dinas Kesehatan dokter Budi Satrio juga menegaskan bahwa vaksin Covid-19 aman.

” Vaksin tersebut, nantinya sudah aman, dijamin halal, dan sudah mendapatkan pengawasan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” jelasnya.

Vaksin untuk Jawa Tengah telah tiba, Senin (4/1) dengan jumlah 62.560 dosis. Vaksin tahap pertama ini akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Jawa Tengah.

Adapun proses vaksinasi direncanakan akan di mulai 14 Januari 2021, termasuk menyasar nakes di Kebumen. Jumlah kuota vaksin untuk di Kebumen sebanyak 6.973 dosis.

Angka ini berdasarkan data yang terekam pada Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI-SDMK), yang di update terakhir Senin 4 Januari 2021 pukul 20.00 WIB lalu.

Budi Satrio menjelaskan, distribusi vaksin di Kebumen menyasar tenaga kesehatan di sejumlah lokasi. Masing-masing adalah di rumah sakit sebanyak 3.906 orang, puskesmas 2.060 orang, sarana kefarmasian 1.503 orang, klinik 335 orang, Dinas Kesehatan 87 orang, UP3 22 orang dan laboratorium kesehatan 20 orang.

Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di fasilitas kesehatan Kebumen yang terdaftar pada SK Kepala Dinkes. Adapun tenaga vaksinator Covid-19 di Kabupaten Kebumen, sejumlah 2.372 orang. Mereka tersebar di enam rumah sakit dan 35 Puskesmas di Kabupaten Kebumen.

“Vaksinasi Covid-19 pada prinsipnya untuk semua warga yang rentan mulai usia 18 tahun sampai dengan 59 tahun dan pelaksanaan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama tenaga kesehatan dan orang-orang yang bekerja di sarana kesehatan,” urai Budi Satrio Dwi Budi Satrio juga menyampaikan bahwa secara umum Kebumen telah siap untuk melaksanakan vaksinasi. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.