in

Wabup Kendal Berharap Puskesmas Brangsong I Juga Memperoleh Akreditasi Paripurna

Caption ; Wakil Bupati Kendal bersama Kepala Puskesmas Brangsong 1, dr Siti Musri'ah saat peninjauan Puskesmas Brangsong I, Jumat (20/10/2023).

HALO KENDAL – Puskesmas Brangsong I yang berada di lingkungan Kantor Pemerintahan Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, diharapkan mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya di bidang pelayanan kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, saat mengunjungi Puskesmas Brangsong I, dalam rangka meninjau pelaksanaan survey akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) oleh Komite Mutu Kesehatan Primer (KMKP), Jumat (20/10/2023).

“Penilaian akreditasi oleh tim KMKP merupakan agenda rutin. Kalau dulu tiga tahun sekali, sekarang lima tahun sekali. Jadi di seluruh puskesmas yang ada di Kendal dilakukan evaluasi. Dan di Puskesmas Brangsong satu ini adalah survey akreditasi untuk puskesmas yang ke 13 dari 30 puskesmas yang ada di Kabupaten Kendal,” ujarnya kepada awak media usai acara.

Windu Suko Basuki berharap, semua puskesmas yang ada di Kendal mendapatkan predikat akreditasi paripurna.

“Alhamdulillah dari 12 sebelumnya, 11 sudah dinyatakan paripurna, hanya tinggal Puskesmas Boja, tapi infonya sudah diakreditasi seminggu lalu. Mudah-mudahan bisa mendapatkan predikat paripurna juga. Sehingga nantinya, seluruh Puskesmas di Kabupaten Kendal bisa akreditasi paripurna,” imbuh Wabup Kendal.

Windu Suko Basuki juga mengaku, selaku pemerintah dan pribadi, dirinya menyambut positif adanya kegiatan penilaian. Sehingga bisa meningkatkan kinerja tenaga kesehatan.

“Selain itu untuk memotivasi tenaga kesehatan supaya bekerja lebih baik. Dalam hal manjemen maupun secara medis, yang dibutuhkan seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ungkap Wabup Kendal.

Sementara itu, Kepala Desa Sidorejo, Edi Kadarisman mengatakan, selama ini pelayanan Puskesmas Brangsong I dinilai cukup baik. Dirinya berharap, dengan adanya survey akreditasi, Puskesmas Brangsong I dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Selama ini sudah cukup baik. Tapi dari masyarakat menginginkan adanya peningkatan pelayanan, terutama terkait pelayanan rawat inap. Karena terus terang, selama ini untuk rawat inap, warga kami harus ke Puskesmas Brangsong dua atau di RSU Muhammadiyah di Sekopek Kaliwungu,” ujarnya.

Pada kesempaten tersebut, Edi Kadarisman juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kendal atas perhatiannya kepada masyarakat di Kecamatan Brangsong. Dirinya juga berharap Pemkab Kendal dapat segera memperbaiki Puskesmas Brangsong I supaya dapat melayani pasien rawat inap.

Bahkan, Kepala Desa Sidorejo tersebut mengusulkan, supaya Puskesmas Brangsong I dapat dipindah dari lokasi saat ini. Alasannya, lahan sempit dan di depannya ada sekolah TK. Sehingga ditakutkan akan berdampak kepada para siswa TK.

“Kami mengusulkan, supaya bangunan puskesmas bisa dipindah ke lokasi tanah desa yang sebelumnya digunakan sebagai bangunan sekolah SMP PGRI, yang mekanismenya kami serahkan kepada pemerintah daerah,” ungkap Edi Kadarisman.

Sedangkan Kepala Puskesmas Brangsong I, dr Siti Musri’ah menjelaskan, pelaksanaan survey akreditasi FKTP oleh KMKP dilaksanakan tanggal 14, 20 dan 21 Oktober 2023.

Untuk itu pihaknya telah mempersiapkan kelompok kerja (Pokja) administrasi dan kepemimpinan, kemudian pokja upaya kesehatan perorangan, upaya kesehatan masyarakat dan mutu.

Meski begitu, dokter Aah sapaan akrab Kepala Puskesmas Brangsong I tersebut mengaku, selama ini sudah dilakukan masing-masing, namun tidak semaksimal saat ada penilaian dari Tim Surveyor Akreditasi FKTP.

“Itu semua kami persiapkan, dengan harapan, saat ada survey, saat ada penilaian dan juga saat ada pemotretan dari Tim Surveyor Akreditasi, Puskesmas Brangsong satu bisa paripurna seperti puskesmas yang lain,” ungkapnya. (HS-06)

 

Bendung Gerak Karangnongko Bakal Beri Kontribusi Perekonomian Warga Blora dan Bojonegoro

Puan Dorong Indonesia Perbanyak Buka Investasi Proyek Energi Terbarukan