in

Wabup Hanies Serahkan Obor Pesonas ke Bupati Pati Haryanto

Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro, menyerahkan obor Api Abadi Mrapen Pesonas, kepada Bupati Pati Haryanto, di pendapa Kecamatan Kaliori, Minggu (9/1/2022). (Foto : Rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Semua pihak yang terlibat dalam rangkaian kegiatan Obor Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas), telah termotivasi untuk memperjuangkan kesetaraan disabilitas. Hal tersebut menjadi modal besar bagi penyandang disabilitas, untuk melalui semua proses dan menghadapi rintangan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro, dalam acara penyerahan obor Api Abadi Mrapen Pesonas, kepada Bupati Pati Haryanto, di pendapa Kecamatan Kaliori, Minggu (9/1/2022). Estafet tersebut dilakukan setelah sejak 4 Januari lalu, Obor Pesonas berada di Kota Garam.

Pada kesempatan itu, Gus Wabup, demikian sapaan akrab Wabup Rembang, menyatakan Pemkab Rembang terus berkomitmen untuk mendampingi dan menggali sisi spesial, dari anak-anak bertalenta khusus. Hal itu bertujuan agar bakat mereka bisa berkembang dengan baik.

“Kami siap kapan saja berkolaborasi dan bersinergi mengembangkan talenta-talenta anak-anak spesial ini. Seperti saat kirab Pesonas ini singgah di tempat kami, juga disediakan ruang ekspresi seni dan budaya bagi anak-anak bertalenta khusus ini,” tuturnya, seperti dirilis Rembangkab.go.id.

Mewakili Pemkab Rembang, Gus Wabup yang juga adik dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini, juga mengajak Pemkab Pati, untuk bersama-sama bersinergi, mengembangkan anak-anak bertalenta khusus ini.

Sementara itu anggota Komisi Nasional Disabilitas, Fatimah Asri Mutmainnah, memberikan apresiasi atas sambutan seluruh pihak di Rembang, yang dinilainya luar biasa.

“Dukungan masyarakat full turun semuanya, mulai dari pemerintah, masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya, semua urun rembug menyatakan pada dunia kami ada,” kata Fatimah Asri, yang akrab disapa Teh Aci ini.

Diapun mengungkapkan bahwa banyak pihak telah memberikan pengakuan atas eksitensi para penyandang disabilitas.

“Sebagai wakil penyandang disabilitas di Rembang, saya ingin menyampaikan bahwa kami ada karena kalian dan anda semua. Kami terlihat karena kalian melihat. Kami merasa, karena kalian menyentuh kami dengan hati penuh cinta,” ungkap Teh Aci yang langsung mendapatkan tepuk tangan dari semua orang.

Dia berharap Pemkab Pati, bukan hanya menerima Obor Pesonas dan rombongan dengan baik, tetapi juga menyambut dengan kegiatan-kegiatannya yang tidak kalah heboh dari Kabupaten Rembang.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto, menyatakan pihaknya siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang ada, selama Obor Pesonas berada di Pati. Sehingga anak-anak dapat menimba ilmu, baik secara formal maupun non formal.

“Intinya kami menerima dengan senang hati dan sepenuhnya. Sekalipun kami terlambat, karena ada kegiatan, kami menerima dengan senang hati dan akan kami tindaklanjuti agenda-agenda yang ada di Kabupaten Pati. Sehingga kirab obor Pesonas 2022, bisa berjalan dengan sukses,” tandasnya.

Sebelumnya, berbagai tempat wisata di Rembang telah disinggahi Obor Pesonas beserta tim Soina Jateng dan Komisi Nasional Disabilitas (KND), didampingi Soina Rembang dan OPD terkait.

Selain tempat wisata, juga tempat ibadah yang bersejarah, dan pondok pesantren Al Anwar 4 Sarang. Di setiap lokasi, bermacam kegiatan juga digelar, untuk memeriahkan kedatangan Obor yang merupakan simbol akan dimulainya Pesonas, Juli 2022 ini. (HS-08)

Maulana Yusup Kembali Terpilih Jadi Ketua PC GP Ansor Batang

Mubeng Kebumen, Bupati Nilai Masyarakat Giyanti Siap Kembangkan Wisata