in

Wabup Cek Ketersedian dan Harga Bapokting Jelang Lebaran 1444 H

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, beserta rombongan memantau harga barang kebutuhan pokok di sebuah toko swalayan di wilayahnya, Jumat (14/4/2023). (Foto : purworejokab.go.id)

 

HALO PURWOREJO – Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, mengimbau warganya untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok dan barang penting lainnya secukupnya.

Masyarakat tidak perlu panik hingga membeli secara berlebihan, karena pemerintah menjamin, menjelang Lebaran hingga tujuh hari setelahnya, stok barang-barang tersebut masih mencukupi.

Penegasan itu disampaikan Wabup Purworejo, Yuli Hastuti, saat memantau ketersedian dan harga barang-barang kebutuhan pokok, menjelang Idulfitri 1444 H, Jumat (14/3/2023).

Pemantauan antara lain dilakukan di SPBU Loano; Pasar Kaliboto, Kecamatan Bener; SPBE Bener, pertokoan Laris Purworejo, dan gudang Jodo Purworejo.

Dari hasil pantauan, diketahui stok barang-barang tersebut masih mencukupi, hingga setelah Lebaran.

Adapun harga-harga sejumlah komoditas, juga terpantau stabil, bahkan sejumlah komoditas seperti telur mengalami penurunan harga.

“Untuk stok kebutuhan pokok cukup dan harga juga masih terpantau stabil belum ada kenaikan, terutama untuk sembako dan beras,” kata dia, seperti dirilis purworejokab.go.id.

Untuk harga minyak goreng, menurut dia juga masih standar di kisaran Rp 14 ribu lebih sedikit.

“Harga di pasar tradional juga terpantau stabil, daging ayam harga stabil. Untuk telur malah mengalami penurunan harga,” kata Wabup.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Purworejo, Gatot Suprapto, menjelaskan bahwa untuk BBM tidak ada pembatasan stok. Bahkan pihaknya telah memploting sejumlah SPBU sebagai SPBU kantong prioritas.

“Mengingat animo dan euforia mudik tahun ini diprediksi cukup besar, sejumlah SPBU akan mengusulkan penambahan kuota kisaran 4,5 persen plus 1 persen,” terang Gatot.

Adapun untuk elpiji, direncanakan akan ada penambahan alokasi, sebesar 3 hingga 4 persen, yang akan digelontorkan mulai dari tujuh hari sebelum Lebaran.

Seperti terpantau di SPBE Bener, jumlah tabung yang telah disiapkan pada bulan April sebesar 295.120 tabung. (HS-08)

Rawan Kepadatan, Pantauan Objek Wisata di Batang Diperketat

Diskominfo Boyolali Gelar Lomba Fotografi dan Videografi Total Hadiah Rp 60,5 Juta