Viral Komodo Hadang Truk, Yoyok Sukawi Soroti Pembangunan Daerah Wisata

Sebuah truk dihadang komodo di jalan. (Foto dokumen).

 

HALO SEMARANG – Anggota Komisi X DPR RI, AS Sukawijaya menanggapi viralnya gambar komodo yang menghadangi truk di jagat media sosial.

Sebagaimana diketahui, komodo yang terlihat seperti menghalangi laju truk terekam di kawasan Pulau Rinca, salah satu pulau yang terletak di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagai anggota Komisi X DPR RI, pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi ini tidak ingin pembangunan destinasi pariwisata bisa mengancam ekosistem atau habitat asli hewan di daerah tersebut.

Pasalnya masyarakat khawatir gambar yang viral di media sosial terkait aktivitas pembangunan yang berdampak buruk terhadap habitat asli komodo.

“Pembangungan tempat pariwisata memang akan berdampak positif terhadap pendapatan negara. Namun yang harus selalu digaris bawahi, pembangunan kawasan wisata jangan sampai merusak habitat asli atau ekosistem di tempat tersebut,” terang Yoyok Sukawi, Senin (26/10/20).

“Tidak hanya di kawasan Labuan Bajo. Di seluruh wilayah Indonesia juga harus dipastikan, bahwa pembangunan tempat pariwisata tidak boleh berdampak buruk terhadap lingkungan,” imbuh anggota DPR asal Fraksi Partai Demokrat ini.

Oleh sebab itu, Yoyok Sukawi mendorong pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta kementerian terkait, untuk mengawasi pembangunan kawasan wisata di Indonesia.

“Pemerintah harus bisa memastikan pembangunan tempat pariwisata berdampak baik pada ekonomi mau pun alam itu sendiri. Hal-hal seperti analisis dampak lingkungan juga harus dipastikan dari awal,” tandas Yoyok Sukawi.

Perlu diketahui, Taman Nasional Komodo telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu destinasi wisara super prioritas seperti ditetapkan dalam surat Sekretariat Kabinet dengan nomor B652/Seskab/Maritim/2015, tentang arahan Presiden Republik Indonesia mengenai pariwisata.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.