in

Vinales Pergi, Morbidelli Berpeluang Jadi Pengganti

Maverick Vinales/dok.

 

HALO SPORT – Kerja sama Maverick Vinales dan tim Monster Energy Yamaha berakhir lebih cepat. Vinales akan pergi pada akhir musim ini.

Kontrak pembalap asal Spanyol itu sejatinya baru habis pada akhir 2022. HubunganTop Gun, julukan Maverick, dan manajemen Yamaha rusak karena berbagai alasan.

Semisa sebelum MotoGP Jerman 2021, Vinales dibuat kecewa dengan manajemen Yamaha yang memecat kepala mekaniknya, Esteban Garcia, awal Juni silam.

Sebagai gantinya, tim berlogo garpu tala itu menunjuk mantan kepala kru Valentino Rossi, Silvano Galbusera, sebagai pengganti Garcia. Keputusan ini jelas mengejutkan, dan mengecewakan Maverick.

Esteban merupakan teman lama dan orang kepercayaan Vinales dalam kariernya di MotoGP. Dia adalah sosok yang mengantarkan Top Gun menjadi juara dunia Moto3 2013.

Selain masalah itu, Vinales mengecam Yamaha karena hasil buruk pada MotoGP Jerman 2021. Dia terlihat marah karena harus mengakhiri balapan di Sachsenring di posisi paling buncit.

Permasalahan Maverick dan timnya berlanjut menjelang MotoGP Belanda 2021. Dia mengkritik Yamaha lantaran berlaku tak adil dalam menangani dirinya.

Meski demikian, Vinales tetap tampil gemilang ketika membalap di Sirkuit Assen, 27 Juni lalu. Dia finis kedua di belakang rekan setimnya, Fabio Quartararo.

Menurut laporan AS, Vinales bakal bergabung dengan Aprilia pada MotoGP 2022. Aprilia masih berburu satu pembalap lagi untuk melengkapi skuadnya.

Kini, kepergian pembalap 26 tahun ini menyisakan satu slot kosong skuad tim asal Jepang itu. Ada dua pembalap yang berpotensi menggantikan Top Gun, yakni Franco Morbidelli dan Andrea Dovizioso.

Morbidelli mempunyai peluang dipromosikan ke tim pabrikan Yamaha setelah moncer bersama skuad satelit Petronas Yamaha SRT. Sementara Dovizioso saat ini menjadi pembalap penguji Aprilia.(HS)

Share This

Peluang untuk Menang Seimbang

Minta Lawan yang Lebih Kuat