Veteran di Kota Pekalongan Terima 42 Paket Bantuan

Pemberian paket bantuan kepada veteran, di Ballroom Hotel Horison Pekalongan. (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Sebanyak 42 paket bantuan, diberikan kepada para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Pekalongan, dalam peringatan Hari Pahlawan 2020.

Pemberian bantuan di Ballroom Hotel Horison Pekalongan, beberapa waktu lalu tersebut, merupakan salah satu cara untuk menghargai jasa para pahlawan.

“Ini sebagai bentuk bela negara untuk menghormati para legiun veteran, yang turut menghadiahkan kemerdekaan,” kata Kepala Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan (Kanminvetcad) Pekalongan, Letkol Inf Dominggus Lopes usai memberikan bantuan.

Ia menyampaikan, dalam memaknainya perlu partisipasi aktif masyarakat untuk memberikan kontribusi positif bagi bangsa, sebagai wujud penghargaan kepada para pahlawan.

Lopes juga berpesan kepada generasi muda, untuk memaknai Hari Pahlawan sebagai semangat baru, dengan menggelorakan nasionalisme dan patriotisme. Sesuai dengan kutipan Founding Father Indonesia, yakni Bung Karno yang mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

“Kepada generasi muda, selamat berjuang untuk kepentingan bangsa. Kami sangat berharap, generasi milennial tidak mudah terkikis semangat nasionalismenya, sebagai rasa penghormatan kepada pahlawan,” imbuhnya.

Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih mengungkapkan, dalam memaknai semangat pahlawan untuk mengisi kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19, harus saling bersinergi. Seperti halnya perjuangan pahlawan yang bersatu demi memperjuangkan kemerdekaan.

“Sejarah memiliki makna yang stategis, khususnya bagi generasi saat ini, untuk memahami nilai kepahlawanan, seperti cinta tanah air, nasionalisme, patriotisme, serta semangat juang yang harus selalu kita pupuk,” tutur Ning.

Senada yang disampaikan Ning, Ketua LVRI Pekalongan, Letkol LS Tambunan juga mengatakan, perjuangan tidak mengenal suku maupun budaya. Sehingga untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, generasi milennial perlu menjaga persatuan dan kesatuan.

“Pemupukan nasionalisme seharusnya dilakukan sejak tingkat dasar yakni SD. Sehingga, di dalam memaknai Hari Pahlawan ini diperlukan juga langkah apa yang harus diberikan kepada generasi muda,” tandasnya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.