in

Vaksinasi Di Kendal Juga Sasar Orang Dengan Gangguan Jiwa

Puskesmas Kendal II melakukan suntikan vaksinasi Covid-19 kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Kendal, Sabtu (7/8/2021).

 

HALO KENDAL – Puskesmas Kendal II melakukan suntikan vaksinasi Covid-19 kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Kendal, Sabtu (7/8/2021).

Kepala Puskesmas Kendal II, drg Sri Sahadatin menjelaskan, pemberian vaksin ini berbeda dengan vaksin yang diberikan kepada orang kebanyakan.

“Kepada para penyandang ODGJ ini kami berikan vaksin Sinopharn, karena dosis penggunaanya berbeda,” jelasnya.

Sri Sahadatin menambahkan, untuk para penyandang ODGJ yang ada di wilayahnya, semuanya bisa mengikuti setelah dijemput ke rumah.

“Di wilayah kami ada 15 orang penyandang ODGJ yang divaksin. Kepada mereka diberikan vaksin Sinopharn yang memang dikhususkan untuk mereka,” ujarnya.

Dengan diantar saudaranya para penyandang ODGJ yang sudah teratur minum obat dan terpantau kesehatannya tersebut mendatangi Puskesmas.

“Ini merupakan program dari Dinas Kesehatan untuk 30 puskesmas yang ada di Kendal dan semuanya mempunyai bagian yang memantau dan mengobati ODJG, mereka inilah yang kami vaksin,” imbuh Sri Sahadatin.

Berbeda yang dilakukan petugas Puskesmas Patebon II yang melakukan vaksinasi kepada 15 ODGJ, dengan sistem door to door. Petugas puskesmas dibantu aparat kepolisian dan TNI mendatangi masing-masing rumah warga.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, dr Budi Mulyono saat dikonfirmasi mengatakan, untuk waktu pelaksanaan vaksin dikembalikan kepada Puskesmas masing-masing.

“Kami menerima bantuan vaksin Sinopharn untuk ODGJ namun mekanisme pelaksanaannya kami serahkan kepada Puskesmas,” kata dr Budi.(HS)

Share This

Mengupas Skema Bansos di Kala Pandemi

Sebagai Syarat Wajib Pelayaran, Polres Kendal Gelar Vaksinasi Di Pelabuhan Kendal