Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama Capai 1.900 Orang

Sumber : Magelangkab.go.id

 

HALO MAGELANG – Jumlah pasien yang berhasil mendapat vaksin Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Magelang, mencapai 1.960 orang. Selain mereka terdapat pula 777 tenaga kesehatan yang gagal divaksin.

Anggota Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, yang juga Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo mengatakan para nakes yang gagal divaksin tersebut, di antaranya karena menjadi penyintas penyakit tersebut.

“Dari 777 orang itu, yang eksklusi ada 501 orang. Tidak hadir 32 orang dan ditunda ada 244 orang,” kata dia seperti dirilis Magelangkab.go.id.

- Advertisement -

Dia mengatakan terdapat nakes yang ditunda diberi vaksin. Hal ini karena yang bersangkutan, ketika diperiksa memang belum memenuhi syarat.

Kalau hasil pemeriksaan atau skriningnya memang tidak memungkinkan, misalnya tekanan darah terlalu tinggi atau sedang flu, batuk pilek atau lainnya, maka harus ditunda.

“Sesuai SOP, tidak boleh dilakukan jika kondisi target tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Disampaikan, pada tahap pertama vaksinasi ini sasaran utama adalah sumber daya kesehatan dan tokoh masyarakat. Pemberiannya, dimulai pada 25 hingga 30 Januari. Selanjutnya, setelah 14 hari penyuntikan vaksin, atau pada tanggal 8 Februari besok akan dilakukan penyuntikan tahap kedua.

“Vaksin ini, baru akan bekerja maksimal setelah suntikan kedua,” ungkapnya.

Sementara perkembangan Covid-19 di Kabupaten Magelang, ada tambahan 70 pasien sembuh. Terbanyak berasal dari Kecamatan Borobudur 17 orang. Kemudian, Srumbung 15 orang, Secang 9 orang, Muntilan 7 orang, Mungkid 6 orang, Ngluwar 5 orang, Ngablak 3 orang, Tegalrejo 3 orang dan Windusari 2 orang serta Candimulyo satu orang.

Pasien terkonfirmasi Covid-19, Sabtu (30/1) ada tambahan 33 orang. Mereka tersebar di Kecamatan Srumbung 14 orang, Mertoyudan 3 orang, Salam 3 orang, Ngluwar 2 orang dan Sawangan 2 orang serta satu orang tersebar di Borobudur, Mungkid, Tempuran, Tegalrejo, Grabag, Kaliangkrik, Secang, Pakis dan Candimulyo.

Ada juga tambahan satu pasien terkonfirmasi meninggal. Yang bersangkutan berasal dari Kecamatan Secang.

“Dengan tambahan itu, jumlahnya kini menjadi 7.798 orang. Terdiri atas 1.346 dalam penyembuhan, 6.245 sembuh dan 207 meninggal,” imbuh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Adapun pasien suspek, ada tambahan 8 orang. Namun ada 6 yang sembuh dan satu pasien alih status menjadi terkonfirmasi. Ia berasal dari Kecamatan Secang.

“Dengan tambahan ini, jumlah kumulatif pasien suspek ada 1.414 orang. Terdiri dari 92 dirawat, 1.148 sembuh, 58 menjalani isolasi mandiri dan 116 dinyatakan selesai menjalani isolasi mandiri,” kata dia. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.