in

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Dilaksanakan Awal Tahun 2022

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam.

 

HALO SEMARANG – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 – 11 tahun diperkirakan akan dilakukan pada awal tahun 2022.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam menyampaikan, BPOM telah mengeluarkan izin darurat vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 – 11 tahun. Namun pihaknya hingga saat ini masih menunggu petunjuk teknis atau aturan dari Kementrian Kesehatan.

Untuk saat ini, waktu pelaksanaannya masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat. Namun dia memperkirakan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun dimulai awal 2022 jika petunjuk teknis telah keluar. Pasalnya, saat ini anak-anak tengah mengikuti Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), yakni imunisasi measles rubella (MR) dan Imunisasi Difteri Tetanus (DT). Menurutnya, perlu ada jarak pemberian imunisasi pada anak setidaknya satu bulan.

“Minggu ini MR selesai. Nanti akhir November gantian imunisasi DT. Misal juknis vaksin Covid-19 untuk anak sudah keluar, mudah-mudahan akhir Desember atau awal Januari bisa dilakukan,” jelasnya, Minggu (7/11/2021).

Selain menunggu petunjuk teknis untuk vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun, lanjut Hakam, logistik vaksin juga masih harus menunggu dari pusat. Saat ini, stok vaksin Sinovac di Kota Semarang hanya diperuntukkan untuk vaksinasi dosis kedua (V2). Pada November – Desember stok vaksin paling banyak didominasi Astrazeneca dan Pfizer. Sedangkan izin darurat vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun dari BPOM menggunakan vaksin Sinovac.

“Sinovac harus menunggu logistik datang dari pusat,” katanya.

Dinas Kesehatan kini tengah berkomunikasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mendapatkan data warga yang berusia 6 – 11 tahun. Data tersebut nantinya untuk mengetahui kebutuhan logistik vaksin bagi anak-anak. Di sisi lain, pihaknya juga akan berkoordinasi dengam Dinas Pendidikan untuk pelaksanaan vaksinasi.(HS)

Share This

Tim Trauma Healing dan Psikolog Dampingi Pemulihan Sopir Vanessa Angel

Pileg 2024, PDI Perjuangan Targetkan Raih 50 Persen Kursi DPRD Jateng