Vaksin Kedua untuk Lansia setelah 28 Hari

Vaksinasi Covid-19 pada lansia di Kompleks RSUD dr Soediran. (Foto : Wonogirikab.go.id)

 

HALO WONOGIRI – Sebanyak 208 ribu lansia di Wonogiri, telah terdaftar sebagai sasaran penerima vaksin. Namun demikian pada praktiknya, vaksinasi akan dilakukan sesuai kondisi kesiapan para lansia tersebut, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, dokter Adi Dharma, mengatakan masa tenggang bagi lansia juga lebih lama. Pada orang-orang yang masih produktif, jarak penyuntikan pertama dan kedua adalah 14 hari.

Tetapi bagi lansia, jarak kedua penyuntikan tersebut adalah 28 hari.  “Hal ini disebabkan faktor imunogenic pada lansia terjadi lebih lambat. Artinya apabila tubuh lansia terpapar virus, respon tubuh dalam membentuk antibodi terjadi lebih lama daripada usia produktif. Melalui riset yang telah dilakukan, Kemenkes menerbitkan peraturan khusus bagi lansia, yakni suntikan booster (vaksinasi kedua) dilakukan setelah 28 hari suntikan pertama,” kata dia seperti dirilis Wonogirikab.go.id.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Haryono yang melakukan peninjauan langsung ke lokasi vaksin di Kompleks RSUD dr Soediran, Jumat (12/3) mengatakan bahwa vaksinasi bagi lansia merupakan skala prioritas pemerintah.

“Lansia yang hari ini divaksin dari golongan pensiunan, tokoh masyarakat, tokoh agama, veteran, dan PWRI. Bukan berarti kita mendahulukan golongan yang ini, bukan, tapi karena datanya jelas, lengkap dan siap, maka pensiunan, tokoh agama, veteran dan PWRI mendapat jatah vaksinasi lebih dahulu,” kata Haryono.

Menurutnya, vaksinasi bagi lansia akan terus bergulir sesuai dengan jumlah kedatangan vaksin. Direncanakan, vaksinasi bagi lansia ini akan selesai pada Bulan Juni atau Juli dan dapat dilanjutkan vaksinasi bagi prioritas selanjutnya.

Ditemui di lokasi vaksin, Sularto (60 tahun), warga Kelurahan Wonokarto Kecamatan Wonogiri, merasa senang karena dirinya lolos skrining dan diperkenankan mendapatkan suntikan Sinovac hari ini.

“Saya tentunya senang dan saya mendukung sekali pelaksanaan vaksinasi ini. Saya yakin vaksinasi ini akan membuat kita, khususnya lansia, terhindar dari penyakit Covid-19,” ujar Pensiunan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri ini. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.