Vaksin Covid-19 Astra Zeneca Sudah Dapat Emergency Use Listing dari WHO

Sumber: Covid19.go.id

 

HALO SEMARANG – Vaksin Covid-19 Astra Zeneca, adalah salah satu vaksin yang akan digunakan dalam proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nasional di Indonesia.

Vaksin ini, seperti yang disampaikan Covid19.go.id, telah mendapat Emergency Use Listing dari WHO, yang disusul dengan izin penggunaan darurat (EUA) oleh Badan POM RI.

Selanjutnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun sudah menyatakan bahwa penggunaan vaksin Covid-19 Astra Zeneca, pada saat ini diperbolehkan (mubah).

Adapun terkait perkembangan penggunaan vaksin ini di Eropa, European Medicines Agency (EMA), menyatakan vaksin Covid-19 Astra Zeneca tidak terkait peningkatan risiko pembekuan darah secara keseluruhan (kejadian tromboemboli) pada penerimanya.

Badan POM RI bersama tim pakar Komnas Penilai Obat, Komnas PP KIPI dan ITAGI, telah melakukan pembahasan pada 19 Maret 2021, dengan rekomendasi bahwa manfaat pemberian vaksin Covid-19 Astra Zeneca, lebih besar dibandingkan risiko yang ditimbulkan, sehingga vaksin Covid-19 Astra Zeneca dapat mulai digunakan.

Walaupun demikian, semua penerima vaksin Covid-19, tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu dengan memakai masker secara benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.