in

Usulkan Bantuan untuk 28.500 Usaha Mikro, Pemkab Temanggung Tunggu Pemerintah Pusat

Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Disperindagkop dan UKM Kabupaten Temanggung, Rahmaningrum. (Foto : jatengprov.go.id)

 

HALO TEMANGGUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung menunggu kabar dari Pemerintah Pusat, terkait usulan bantuan untuk 28.500 pelaku usaha mikro.

Para pelaku usaha tersebut layak mendapat bantuan, karena saat ini mereka mengalami kesulitan ekonomi, akibat pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Disperindagkop dan UKM Kabupaten Temanggung, Rahmaningrum, menjelaskan, pihaknya masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat, sebab wewenang dinas hanya sebagai pengusul.

“UKM keseluruhan yang terdampak, kami upayakan dapat bantuan dari kementerian. Yang sudah diusulkan ada 28.500 usaha mikro. Kami masih berproses menunggu informasi,” ujar Rahma, Senin (30/11), seperti dirilis Jatengprov.go.id.

Dia mengatakan untuk yang diusulkan menerima bantuan pada tahap satu, terpantau sudah direalisasikan pada 8.500 usaha mikro. Besaran bantuan yang diterima masing-masing usaha mencapai Rp 2,4 juta. Namun untuk yang bantuan tahap dua diakui Rahma belum terekap.

“Adapun dari Provinsi Jawa Tengah, juga diberikan bantuan berupa bahan baku untuk pengusaha katering berbahan dasar tepung. Kalau dari APBD kabupaten belum ada bantuan karena anggaran dialihkan untuk penanganan Covid,” ujar Rahma.

Kiki (27) salah seorang pelaku usaha bidang fashion di Desa Tegowanu, Kecamatan Kaloran, berharap adanya bantuan dari pemerintah. Pasalnya, saat ini dia belum menerima bantuan apapun. Padahal usaha yang dirintisnya bertahun-tahun sangat terpuruk sejak masa pandemi. (HS-08)

Share This

Terus Semangat Melayani Masyarakat dengan Penuh Dedikasi

Perkembangan Covid-19 Memburuk, Semua Pembelajaran Tatap Muka Dihentikan