in

USM Dorong Modernisasi Peternak Ayam Bangkok

Dosen Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Semarang melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di daerah Kelurahan Tlogosari Kulon, Semarang.

 

HALO SEMARANG – Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Semarang menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pada peternakan ayam bangkok milik masyarakat yang berlokasi di daerah Kelurahan Tlogosari Kulon, Semarang, belum lama ini.

Meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, tidak menghalangi para dosen Teknik Elektro Universitas Semarang (USM) dalam menjalankan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Dosen yang terlihat ialah Ari Endang Jayati, Budiani Destyningtias, dan Sri Heranurweni.

Dalam kesempatan tersebut, tim PKM memberikan mesin penetas telur ayam bangkok. Selain itu, juga dilakukan pembimbingan teknis guna meningkatkan cara menetaskan telur ayam.

Ketua Pelaksana Tim PKM, Ari Endang Jayati menyebut, kondisi mitra yang didatangi, dalam budi daya ayam bangkok yang berada di tengah perkotaan harus bisa memanfaatkan ruang. Salah satunya milik Pak Eddi di Jalan Satrio Wibowo III No. 49, Kelurahan Tlogosari Kulon, Semarang yang memanfaatkan sebuah garasi rumah.

“Permasalahan mitra adalah bantuan yang bersifat pemberian teknologi, bimbingan dan pendampingan teknis. Penetas telur belum ada, sehingga bantuan yang diperlukan UKM tersebut dari perguruan tinggi adalah peralatan penetas telur. Mesin ini bermanfaat untuk membantu penetasan telur ayam secara otomatis karena tingginya kegagalan penetasan telur secara alami,” ungkap Ari.

Menurut Ari, kegiatan tersebut disambut baik oleh warga, sebab dapat memberikan kontribusi secara langsung bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan kuantitas anak ayam, sehingga diharapkan dapat lebih memberikan kontribusi pada UKM, dan masyarakat setempat termotivasi untuk mulai membuat usaha baru pada masa pandemi ini,” ujarnya.

Ari berharap, ke depan akan dapat terjalin kerja sama yang berkesinambungan antara Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Semarang dengan masyarakat Kelurahan Tlogosari Kulon, khususnya UKM milik Pak Eddi.

Dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu selama tiga bulan. Dimulai dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan. Pada bulan pertama dan kedua, tim PKM melakukan survei selanjutnya pemberian mesin.

“Pada bulan ketiga adalah bimbingan teknis dan evaluasi terhadap program yang dijalankan. Pak Eddi selaku mitra kegiatan PKM menyatakan sangat berterima kasih kepada Prodi Teknik Elektro USM dan berharap kerjasama terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” tutupnya.(HS)

Share This

Ganjar: Implementasi Pancasila Tugas Kita Semua

Ambrolnya Atap PN Semarang Akibat Hujan Deras Tuai Sorotan