in

USM Dampingi Perencanaan dan Renovasi Musala di Grobogan

Penyerahan simbolis bantuan renovasi Musala Nurul Yaqin di Desa Kuwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan oleh dosen Fakultas Teknik USM.

 

HALO SEMARANG – Dosen Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM) memberikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kuwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, berupa pendampingan perencaanan dan renovasi Musala Nurul Yaqin, baru-baru ini.

Proses pendampingan diketuai oleh dosen program studi Teknik Sipil USM Ahmad Hakim Bintang Kuncoro, ST, MEng dengan kedua anggotanya Talitha Zhafira, ST, MEng dan Anik Kustirini, ST, MSi.

Tiga dosen Fakultas Teknik USM tersebut memberikan masukan serta membantu proses perencanaan dan desain baru bangunan musala dalam bentuk gambar kerja secara detail dan lengkap dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Menurut Anik Kustirini, salah satu tim pengabdian Fakultas Teknik USM mengatakan, pendampingan telah dilakukan sejak akhir 2020, dan saat ini renovasi musala sudah dilakukan.

“Tujuan pendampingan perencanaan dan renovasi musala ini adalah agar proses renovasi yang dilakukan oleh pengurus Musala Nurul Yaqin Kuwaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan bisa berjalan sesuai prosedur dan sesuai standar,” ungkap Anik.

Anik menambahkan, dengan selesainya renovasinya diharapkan masyarakat bisa lebih nyaman dalam beribadah di musala tersebut, karena dinilai sudah layak sesuai harapan masyarakat sekitar.

“Merenovasi bangunan musala selayaknya dibutuhkan saran dan pendampingan tenaga ahli bangunan agar didapatkan desain yang lebih estetik, nyaman, dan kuat struktur bangunannya,” tambahnya.

Di samping itu proses pendampingan yang dilakukan oleh para dosen Fakultas Teknik USM juga bertujuan mengawasi pelaksanaan renovasi agar pendanaan dapat digunakan untuk pembelian bahan bangunan yang berkualitas secara optimal.

Proses pendampingan renovasi dilakukan dalam dua tahap, yakni dari tahap satu pada bulan November 2020 dilanjutkan tahap dua di bulan Januari 2021. Kemudian pada bulan April 2021 dapat diselesaikan 100 persen.(HS)

Share This

Pembebasan Lahan Warga Proyek Normalisasi Sungai Beringin Masih Kurang 400 Bidang Lahan

Kepala Satpol PP Kota Semarang Imbau Warga Tunda Acara Hajatan, Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19