in

USM Berikan Pelatihan Bimbingan Karir Bagi Guru BK SMK Di Salatiga

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) beri pelatihan career guidance dengan pendekatan strength kepada Komunitas Guru Bimbingan Konseling BK SMK se-Kota Salatiga.

 

HALO SEMARANG – Tiga Dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM), Pundani Eki Pratiwi, MPsi, Psikolog, Maria Yuliana Wangge, MPsi, Psikolog, dan Gusti Yuli Asih, SPsi, MSi memberikan pelatihan career guidance atau bimbingan karir dengan pendekatan strength bagi Komunitas Guru Bimbingan Konseling (BK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Salatiga, baru-baru ini.

Menurut Pundani, tujuan digelar pelatihan ini adalah supaya siswa SMK memiliki kematangan karir yang baik dan siap bekerja ketika lulus sekolah.

Dikatakan Pundani, ketika siswa telah memilih untuk masuk ke sekolah kejuruan, diharapkan memiliki tujuan karir yang ingin dicapai.

Namun, lanjutnya, di lapangan banyak kendala yang dihadapi siswa.

Seperti halnya permasalahan dalam memilih jurusan setelah lulus bagi yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi. Tidak hanya itu saja, ada juga kendala pada kemampuan dalam mengarungi dunia kerja.

“Tidak hanya bekal pengetahuan dan hardskill yang siswa butuhkan dalam mengarungi dunia kerja, tetapi bagaimana mereka harus mampu mengenali diri mereka sendiri dan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk dapat mencapai tujuan karir yang diharapkan,” ungkap Pundani.

“Pada kegiatan pelatihan ini, kami memberikan materi terkait tahap-tahap yang dapat guru BK lakukan selama proses career guidance. Selain itu untuk mempermudah, juga kami berikan booklet, di mana siswa bisa mengisi booklet tersebut sebagai pedoman dalam langkah perencanaan karir mereka,” tambahnya.

Dalam tahapan career guidance ini, para guru BK diajarkan untuk mengidentifikasi tujuan dan permasalahan yang dimiliki siswa terlebih dahulu, mengingat setiap siswa memiliki tujuan dan permasalahan masing-masing.

Pada tahap kedua, guru diajarkan untuk membantu siswa mengenali kekuatan dirinya dan cara membangun pemikiran positif yang dapat membantu siswa selama proses mencapai karir dan pada saat terjun ke dunia kerja.

Tahap ketiga, merupakan tahap akhir, guru diajarkan cara membantu siswa dalam membuat tujuan karir dan rencana aksi dalam mencapai karir yang diharapkan.

“Diharapkan dengan pelatihan career guidance ini, para guru BK dapat membantu siswanya dalam mencapai kematangan karir yang baik. Sehingga siswa SMK betul-betul dapat menjadi putra-putri bangsa yang siap bekerja dan mampu berkarir dengan baik menggunakan kekuatan yang dimiliki,” tutupnya.(HS)

Share This

Rumah Mbah Katini Kini Sudah Dapat Sambungan Listrik

Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil, Bupati Kendal Sidak Ke Pasar Tradisional