in

Usia Harapan Hidup Warga Meningkat, Pemkot Surakarta Fasilitasi Lansia

Pencanangan Kelurahan Baluwarti sebagai Kelurahan Ramah Lansia, Rabu (9/6) di Dalem Mloyokusuman, Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Pemerintah Kota Surakarta berusaha untuk memfasilitasi para warga lanjut usia, agar tetap produktif dan mandiri. Terlebih angka harapan hidup lansia, saat ini bertambah dari 68 ke 71 tahun.

Hal tersebut disampaikannya pada kegiatan Pencanangan Kelurahan Baluwarti sebagai Kelurahan Ramah Lansia, Rabu (9/6) di Dalem Mloyokusuman, Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon.

“Usia harapan hidup warga Kota Surakarta naik, maka kita harus menyiapkan infratruktur dan fasilitas yang diperlukan untuk para lansia, agar tetap produktif,” kata dia, seperti dirilis Surakarta.go.id.

Wakil Wali Kota mengatakan saat ini baru dua kelurahan yang mendeklarasikan sebagai Kelurahan Ramah Lansia, yakni Kelurahan Mojo dan sekarang Baluwarti. Hal itu tidak perlu membuat kelurahan lain sekadar meniru. Untuk bisa menjadi kelurahan ramah lansia, infrastruktur dan programnya harus terlebih dipersiapkan.

“Infrastruktur disiapkan dulu kemudian programnya apa saja. Otomatis ada tambahan anggaran di kelurahan,” jelas Teguh.

Pada waktu deklarasi, lansia yang tergabung juga lansia produktif. Karena itu harus ada upaya mempesiapkan lansia untuk mandiri, melalui berbagai program melatih kemandirian.

“Lansia yang mandiri dan tidak tergantung orang lain, itu yang penting. Produktif tidak harus berarti bisa menghasilkan tambahan nilai dan tambahan untuk ekonomi rumah tangga tapi lebih pada kemandirian untuk hidup tidak tergantung pada anak cucunya maupun tetangganya,” ucapnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta Selvi Ananda, mencanangan Kelurahan Baluwarti, sebagai Kelurahan Ramah Lansia. Deklarasi Baluwati sebagai kelurahan ramah lansia, dilaksanakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Selvi Ananda; Ketua Komda Lansia Teguh Prakosa, Ketua PKK Kecamatan Pasar Kliwon; Ketua PKK kelurahan Baluwarti; Ketua Paguban Lansia Sejahtera Drs A Santosa; Kapolsek Pasar Kliwon; serta Danramil.

Deklarasi kemudian dibacakan Ketua Lansia Sejahtera Baluwarti A. Santosa.

Lurah Baluwarti Triatmo Hamardiyoni, mengatakan kegiatan lansia sejahtera melibatkan 65 lansia produktif dilihat dari kegiatan UMKM. Adapun jumlah yang terdaftar, 650 warga dari 702 warga lansia yang ada.

“Para lansia yang masih produktif menghasilkan kuliner tradisional, jamu, kerajinan tangan, dan kerajinan wayang beber. Semua kegiatan ini sangat bermanfaat dan menunjukkan  lansia bisa produktif asal selalu didorong dan dibantu agar mandiri,” kata Triatmo.

Usai kegiatan pencanangan, Ketua Tim PKK Surakarta, Selvi Ananda beserta rombongan meninjau stand penjualan produk lansia Kelurahan Baluwarti dan membeli kuliner dan kerajinan yang dijajakan. (HS-08)

Share This

Hadiri Silaturahmi DSKS bersama Danrem, Gibran Nyatakan Siap Dikritik

Atas Dasar Cinta, Pengusaha Ini Akuisisi 30 Persen Saham PSIS