in

Usai Lebaran, Pemkot Kebut Vaksinasi Lagi

Foto : Pekalongankota.go.id

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Pekalongan akan mempercepat kembali vaksinasi Covid-19, setelah menjelang Lebaran lalu terjadi perlambatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dr Slamet Budiyanto SKM MKes, seperti dirilis Pekalongankota.go.id, mengatakan pihaknya mengagendakan layanan vaksinasi untuk lansia digelar pekan depan. “Pelayanan publik yang belum divaksin juga akan menjadi sasaran,” ungkapnya.

Lebih lanjut, sampai saat ini sebanyak 19.204 dosis I atau 42.72% dari jumlah populasi sasaran telah divaksin dosis I. Sedangkan untuk dosis II sebanyak 16.948 atau 37.73%.

“Memang yang paling banyak prosentase untuk pelayanan publik mencapai 43% untuk dosis I dan 38% untuk dosis II. Sementara, untuk lansia baru mencapai target 28% untuk dosis I dan 23% dosis II. Untuk tenaga kesehatan targetnya sudah melampaui diatas 100%,”imbuhnya.

Budi menambahkan, untuk menarik lansia agar mau divaksin, pihaknya mengupayakan dengan strategi 2 in 1. Di mana 1 orang yang hadir (bukan termasuk lansia/pelayanan publik) serta membawa 2 lansia, maka yang bersangkutan berhak mendapatkan vaksinasi.

“Syaratnya harus membawa 2 lansia ke posyandu lansia, untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi. Kami juga akan melibatkan para kader, RT/RW, dan karang taruna untuk ikut andil dalam menyukseskan program ini. Untuk pelaksanaannya nanti, kami akan mengaktifkan kembali posyandu lansia yang ada di tiap kelurahan sebagai pos pelayanan vaksinasi,” tutur Budi. (HS-08)

Share This

Masyarakat Belum Bisa Diajak Berpikir Disiplin Protokol Kesehatan

Pemkot Pekalongan Buka 527 Formasi CPNS dan P3K