in

Usai Laga PSIS Vs Persis, Ribuan Suporter Semarang Sempat Tertahan di Stadion Manahan

Para suporter PSIS yang sempat tertahan di Stadion Manahan, Solo, Selasa (21/6/2022).

HALO SEMARANG – PSIS sukses mengalahkan Persis 2-1 di babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (21/6/2022). Gol penentu kemenangan PSIS dicetak Carlos Fortes pada menit 71. Sebelumnya gol sundulan Alfeandra Dewangga membuat tim asal Semarang ini unggul lebih dulu 1-0 pada menit 36. Sementara satu gol tuan rumah Persis dicetak melalui sundulan Fabiano Beltrame di masa injury time babak pertama.

Namun kemenangan PSIS ini diwarnai gesekan antarsuporter kedua tim. Sejak sebelum laga dimulai, gesekan antarsuporter sudah terjadi di luar stadion. Puluhan suporter Persis sempat bersitegang dengan rombongan suporter PSIS di pintu masuk stadion. Dari pantauan halosemarang.id, insiden itu segera diamankan oleh petugas kepolisian yang berjaga di sekitar stadion.

Bahkan hingga pertandingan usai, ribuan suporter PSIS sempat tertahan di dalam stadion selama beberapa jam. Hingga pukul 18.30, ribuan suporter masih terlihat di dalam stadion sambil menunggu jaminan keamanan untuk pulang ke Semarang.

“Sekitar 19.00 suporter sudah mulai bisa keluar dari dalam stadion, tapi dengan pengawalan pihak kepolisian. Semoga tak ada gesekan yang lebih besar di luar stadion,” kata Jati, salah satu reporter media di Semarang yang ikut tertahan di dalam stadion.

Informasi yang didapat, gesekan sempat terjadi di luar dan di dalam stadion sebelum laga dimulai. Petugas dari TNI Polri harus menghalau para suporter agar tak jadi bentrok. Diduga gesekan terjadi, karena adanya salah paham. Saat gesekan di pintu masuk stadion, petugas bertindak cepat dengan membuat barikade dari Brimob dan Samapta untuk memisahkan dua kelompok suporter antara Persis dan PSIS tersebut.

Petugas juga berkeliling untuk mencari barang terlarang yang mungkin diselundupkan. Untuk menghindari kericuhan, akhirnya polisi dan panpel membuka pintu tambahan untuk suporter.

“Beberapa suporter bersamaan datangnya, memang agak kewalahan panpel tadi. Sehingga tadi kita koordinasikan dengan panpel untuk membuka akses pintunya menjadi dua. Dua akses pintu pemeriksaan, sehingga bisa mengurai kepadatan yang terjadi,” ujar Kombes Ade Safri Simanjuntak, Kapolresta Solo dikutip dari berbagai sumber sebelum laga.

Kericuhan bisa dihindari dengan kesigapan petugas dan panpel. Namun penjagaan terus dipertebal, mengingat potensi pertemuan kedua kelompok suporter masih mungkin terjadi.(HS)

Gembira Koalisi dengan Gerindra, Kader PKB Merah di Semarang Cukur Gundul

Soal Gesekan Superter di Manahan, Begini Komentar Wali Kota Semarang