Urus Perizinan Kesehatan di Kota Pekalongan Bisa Melalui Online

Sosialisasi dan launching perizinan kesehatan, baik offline maupun online (OSS dan Sakpore), di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Masyarakat yang akan mengurus perizinan bidang kesehatan di Kota Pekalongan, kini sebagian sudah bisa dilayani secara online.

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan, akan terus berupaya memaksimalkan pelayanan perizinan, melalui Aplikasi Sistem Aplikasi Perizinan Online Ringkas dan Ekonomis (Sakpore).

Sistem yang diciptakan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan sejak 2017 ini, sukses masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kepala DPMPTSP Kota Pekalongan, Supriono, dalam sosialisasi dan launching perizinan kesehatan, baik offline maupun online (OSS dan Sakpore), di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Rabu (24/3).

Seperti dirilis Pekalongankota.go.id, Supriono mengungkapkan bahwa perizinan di bidang kesehatan, yang dikelola oleh DPMPTSP, saat ini sejumlah 51 jenis usaha. Dari jumlah itu, 13 di antaranya sudah wajib diakses menggunakan Sistem Online Single Submission (OSS).

Sementara itu, perizinan di bidang kesehatan, terbagi menjadi dua sisi, yaitu izin dari sisi Fasilitas Pelayanan Kesehatan (tempatnya), dan Tenaga Kesehatan (orangnya).

Adapun 10 jenis perizinan di bidang kesehatan, yang sudah bisa diakses secara online melalui Sakpore, yakni surat izin praktik entomolog, surat izin praktik mikrobiolog kesehatan, izin praktik teknisi gigi, izin praktik kesehatan tradisional, izin praktik perawat, izin praktik bidan, izin praktik apoteker, izin praktik tenaga teknis kefarmasian, izin Surat Terdaftar Pengobatan Tradisional (STPT), dan surat izin apotek.

Menurutnya, seusai proses kompromi secara panjang, 10 perizinan di bidang kesehatan, yang terdiri atas delapan jenis tenaga kesehatan dan dua fasilitas pelayanan kesehatan, bisa diakses online Sakpore.

Sehingga, nantinya pemohon tidak perlu datang langsung ke kantor DPMPTSP dan hasil surat penerbitan izin usaha bidang kesehatan tersebut nantinya akan dikirim via Pos.

Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengapresiasi atas capaian kinerja dan inovasi-inovasi yang dilakukan DPMPTSP Kota Pekalongan dalam melakukan program perizinan secara online yang memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan usahanya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.