Uppercut “Maut” Gervonta Hancurkan Leo Santa Cruz

Gervonta Davis/dok.

 

HALO SPORT – Petinju asal Amerika Serikat, Gervonta Davis, meraih kemenangan KO mengesankan atas Leo Santa Cruz, asal Meksiko, dalam duel tinju dunia di Alamodome, San Antonio, Amerika, Minggu (1/11/2020) pagi WIB.

Petinju 25 tahun ini menjatuhkan lawannya dengan pukulan uppercut dahsyat pada ronde keenam, dan membuat lawan yang berusia 32 tahun terjatuh dan sempat pingsan selama beberapa saat. Pukulan hebatnya itu disebut-sebut bisa masuk calon KO terbaik tahun ini.

Dari jalannya pertarungan, ronde-ronde awal Gervonta Davis sempat kesulitan membongkar pertahanan Leo Santa Cruz.

Apalagi Santa Cruz yang unggul dalam jangkauan, bermain dengan menjaga jarak mengandalkan jab-jab ke arah wajah Gervonta. Ronde pertama berjalan beberapa menit, Gervonta sempat jatuh akibat terpeleset setelah menerima serangan bertubi-tubi Cruz.

Namun wasit tak memberikan hitungan atas jatuhnya petarung berjuluk The Tank ini.

Di ronde kedua, baru berjalan 1.12 detik, Gervonta Davis membanting Leo Santa Cruz hingga terjatuh saat sedang berangkulan. Penonton pun kembali riuh.

Awal ronde ketiga, Leo Santa Cruz menggiring Gervonta Davis di sudut ring. Jab dan straight tepat mengarah ke wajah The Tank.

Di akkhir ronde ketiga, giliran Gervonta Davis yang mengambil inisiatif menyerang.

Pukulannya beberapa kali masuk ke rusuk dan perut Santa Cruz yang mulai bermain terbuka.

Sepanjang ronde keempat, Gervonta Davis terus mengincar perut dan rusuk kanan Santa Cruz hingga ia terpojok. Cruz mulai hilang kosentrasi dan bertarung mengikuti tempo lawannya dengan pertarungan jarak dekat.

Santa Cruz bukan tanpa balasan, pukulan kombinasi stright yang cepat dicoba untuk menembus double cover Gervonta Davis.

Ronde keenam perjuangan Santa Cruz berakhir oleh sebuah uppercut tangan kiri yang tepat menghantam rahang Santa Cruz. Santa Cruz pun sempat pingsan beberapa saat. Uniknya, setelah tersadar Santa Cruz tetap tersenyum meski mengetahui kekalahannya tersebut.

Ini adalah kemenangan ke-23 The Tank. Saat ini dirinya tercatat sebagai petinju dengan persentase kemenangan KO 95.65%.

Jumlah ‘korban’ KO tercatat 22 orang. Antara lain petinju terbaik di kelas ringan saat ini, Yuriokis Gamboa. Gamboa roboh pada ronde 12.

Selain Leo Santa Cruz, Hugo Ruiz, dan Francisco Fonseca sudah merasakan tumbang di tangan Davis.

Kemenangan ini membuat Gervonta Davis berhasil mempertahankan gelar kelas ringan WBA dan gelar kelas ringan WBA junior milik Santa Cruz.

Davis juga menjaga rekor tak terkalahkan dalam kariernya, dengan catatan KO yang luar biasa, 24-0 (23 KO). Sedangkan Leo Santa Cruz harus mencoreng rekor bertandingnya menjadi 37 menang, dua kali kalah, dan satu seri (19 KO).

Pertarungan ini dihadiri oleh 9.024 penonton. Ini menjadi acara tinju dunia besar pertama dengan kehadiran penggemar yang hadir sejak Covid-19 mengganggu agenda olahraga AS pada Maret lalu.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.