UPGRIS Luncurkan Program Amalan Ramadan

Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dr. Muhdi, SH, MHum, saat kegiatan launching dan pengajian rangkaian kegiatan bulan suci Ramadan 1442 H di Gedung Pusat lantai dua, Senin (26/4/2021).

 

HALO SEMARANG – Bulan Ramadan, bulan penuh pengampunan Tuhan. Umat muslim serentak menununaikan ibadah puasa dan sunah-sunahnya. Tak terkecuali civitas akademik di Universitas PGRI Semarang yang tiap tahun menggelar kegiatan khusus menyambut Ramadan.

“Ada tiga jenis kegiatan utama yang akan diselenggarakan pada kegiatan Ramadan kali ini, yaitu Khotmil Qur’an dan pengajian, Nuzulul Quran, serta halal bihalal,” terang Ketua Panitia Kegiatan Amalan Ramadan, Dr Muhammad Syaipul Hayat, MPd dalam acara pembukaan di Gedung Pusat lantai dua, Senin (26/4/2021).

Kegiatan tersebut, lanjut Syaipul, melibatkan mahasiswa, dosen dan karyawan untuk berpartisipasi, seperti dalam sesi kegiatan Gerakan membaca Al-Quran. Khotmil Al-Quran dan pengajian akan dilaksanakan pada tanggal 26 dan 29 April, serta 3 dan 6 Mei.

- Advertisement -

“Untuk peringatan Nuzulul Quran, acara akan diagendakan secara luring, disertasi acara pemberian santunan kepada 100 anak yatim dari berbagai pantai asuhan,” tambah Syaipul.

Rangkaian ini akan dipungkasi dengan acara halal bihalal pada Kamis (20/4/2021), yang akan dilaksanakan secara daring di gedung Balairung.

“Untuk acaranya akan kami selenggarakan secra daring dan luring, dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dr Muhdi, SH, MHum menyampaikan, dia menyambut baik rangkaian acara tersebut.

“Gerakan membaca Al-Quran adalah wujud syukur kita terhadap Allah SWT, sekaligus bersyukur kembali mengikuti puasa Ramadan dan mengisinya dengan amalan,” kata Muhdi dalam acara yang sama.

Dalam kesempatan yang sama, Pengisi Pengajian, Sunan Baedowi, MSi dalam tausiahnya menegaskan tentang faedah dari puasa.

“Puasa adalah ibadah yang dibalas oleh Tuhan langsung. Sehingga pahala tiap orang yang berpuasa akan berbeda-beda, bergantung kesungguhan hatinya,” terangnya.

Selain itu, menurut Sunan, berpuasa akan membuat manusia senantiasa menjaga kesabaran.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.