in

UPGRIS Kenalkan NVivo 11 Untuk Analisis Kualitatif

Dosen FPMIPATI UPGRIS saat memberikan pelatihan analisa data kualitatif dengan menggunakan software NVivo 11 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya di Hotel Sofia Juanda Surabaya, baru-baru ini.

 

HALO SEMARANG – Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), kenalkan NVivo 11 melalui program Program Pengembangan Usaha Intelektual Kampus (PPUPIK) Cendekia.

Kegiatan yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek), dampingi mahasiswa Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam pelatihan analisis data penelitian kualitatif menggunakan NVivo 11.

Kegiatan dilaksanakan belum lama ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama tiga hari di Hotel Sofia Juanda Surabaya. Jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan sebanyak 128 mahasiswa.

Pelatihan dilaksanakan secara interaktif serta mendatangkan dua pemateri dari dua dosen FPMIPATI UPGRIS. Dua pemateri yaitu Dr Muhtarom, MPd dan Sutrisno, MPd. Pelatihan analisa data penelitian kualitatif dengan menggunakan software NVivo 11.

“Kegiatan ini sangat diperlukan bagi mahasiswa yang berencana atau sedang memprogram tugas akhir. NVivo memiliki cukup banyak kelebihan dalam melakukan olah data kualitatif. Pertama, dari segi bahan literatur untuk diolah. Setidaknya, hampir semua data kualitatif dapat diolah menggunakan NVivo baik itu berbentuk digital maupun cetak,” tutur Muhtarom.

Sementara itu, Sutrisno juga menyampaikan materi di hadapan ratusan peserta. Mahasiswa nampak benar-benar memahami proses import data, membuat node (coding), penarikan kesimpulan yang menjadi bagian hasil yang sudah dikelompokkan.

“Data-data yang sudah diklasifikasikan kemudian dapat diolah dengan menggunakan fitur Query, Explore & Analyze. Dalam fitur-fitur ini sangat membantu penelitian dalam analisis data penelitian kualitatif dan analisis keabsahan data penelitian kualitatif. Hasil uji t-test berpasangan pada data pre-post test pelatihan NVivo menunjukkan, bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman peserta dalam analisis data penelitian kualitatif,” ujar Trisno.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Yunia Dwie Nurcahyani, ST, MT menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan NVivo 11 oleh FPMIPATI UPGRIS.

“Hal ini merupakan sebuah temuan baru dan teknik baru dalam mengolah data. Selama ini, pengolahan masih bersifat manual dan lama. Tapi dengan adanya NVivo 11 kinerja mahasiswa atau akademisi dalam mengolah data lebih sederhana dan ringkas,” papar Yunia.

Salah satu mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mengaku dalam kesempatan mengikuti pelatihan menggunakan NVivo 11 dapat membantu proses penyusunan skripsi.

“Kegiatan yang sangat langka dan bermanfaat bagi saya kelak di semester akhir dalam menyusun skripsi. Sebab kesulitan kami selama dalam mengolah data terlalu rumit. Dengan adanya software NVivo 11 kami lebih dipermudah. Waktu pengerjaanya lebih ringkas dan mudah,” ucap Shalsa.(HS)

Share This

Warga Positif Covid-19 Di Karangsari Bertambah Lagi 15 Orang

Hadapi Industri 4.0, FGD Penguatan Industri Hilir Digelar Di Kendal