in

Upaya Wujudkan Sport Tourism, Anggota DPRD dan Bupati Sepakat Dukung Event Kendal Enduro 2022

Pengurus ISSI Kendal yang juga anggota DPRD Kendal, Munawir, Nashri dan Rubiyanto, saat audiensi dengan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto di rumah dinas bupati, belum lama ini.

HALO KENDAL – Anggota DPRD Kendal bersama Bupati Kendal sepakat untuk mendukung pelaksanaan event Kendal Enduro 2022 yang jadwal penyelenggaranya, tanggal 12-13 November 2022 mendatang.

Hal tersebut mencuat dalam audiensi para anggota DPRD yang juga sebagai pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kendal bersama Bupati Kendal, Dico M Ganinduto belum lama ini.

Adapun anggota DPRD Kendal yang audiensi dengan Bupati, yakni Munawir, Ketua Komisi A yang juga sebagai Ketua Umum ISSI Kendal, Nashri, Sekretaris Komisi C yang juga sebagai Sekretaris Umum ISSI Kendal, dan Rubiyanto, Anggota Komisi A yang juga sebagai Bendahara Umum ISSI Kendal.

Audiensi juga dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kendal, Achmad Ircham Chalid, beserta jajaran pengurus ISSI dan para atlet ISSI yang berprestasi.

Ketua Komisi A DPRD Kendal, Munawir menyampaikan, tujuan digelarnya event perdana Kendal Enduro 2022 tersebut, salah satunya untuk mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kendal.

“Selain meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, kegiatan ini bertujuan menarik pandangan masyarakat, baik nasional bahkan internasional, agar mereka mengetahui bahwa potensi wisata luar biasa di Kendal serta produk UMKM lokal yang unggul,” ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Sebagai anggota dewan, Munawir ingin berkontribusi bagi peningkatan sektor pariwisata di Kendal, khususnya di sport tourism. “Tentu kami sebagai anggota dewan sekaligus pengurus ISSI Kendal ingin ikut berkontribusi membangkitkan kembali sektor pariwisata, khususnya sport tourism. Harapannya sektor pariwisata di Kendal dapat bangkit, dan dikenal luas,” imbuh Ketua Umum ISSI Kendal.

Pengecekan lokasi event Kendal Enduro oleh Ketua Komisi A DPRD Kendal, Munawir, Kamis (3/11/2022).

Munawir menambahkan, penyelenggaraan event Kendal Enduro, akan digelar di area perkebunan cengkeh PT Selokaton dan perkebunan milik warga, serta perkampungan warga.

“Kita juga akan menghibur masyarakat dengan kesenian tradisional dan modern, kemudian ada juga bakti sosial dengan menyalurkan bantuan sembako kepada anak yatim-piatu, janda tua dan dhuafa, juga bantuan pembangunan musala dari Baznas dan pribadi saya. Selain itu juga penyaluran bantuan korban banjir di Trenggalek, Jawa Timur. Kita juga merangkul UMKM Kendal untuk membuka stand di acara,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaan nanti, lanjut Munawir, para peserta melewati lima spesial stage (SS) dengan rute yang cukup panjang. SS pertama danau Banaran, yang konturnya berupa tanah masuk hutan kemudian melintasi area danau dengan panjang 1,1 kilometer. Untuk SS kedua, panjang 1,4 kilometer, SS ketiga panjang 1,1 kilometer, dan SS keempat panjang sekitar 1,5 hingga 1,6 kilometer.

“Sedangkan untuk SS kelima berupa wilayah urban, yakni para rider diberi rute jelajah di perkampungan warga. Jadi ada yang masuk gang kampung, ada yang di teras rumah warga, sampai di venue lapangan,” papar Munawir.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya Kendal Enduro 2022, bisa melalui kanal Youtube ISSI Kendal.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama pengurus ISSI sekaligus anggota DPRD Kendal, Munawir, Nashri dan Rubiyanto.

200 Atlet

Sementara Sekretaris Komisi C DPRD Kendal, Nashri menjelaskan, dalam event Kendal Enduro 2022, diikuti oleh 200 atlet dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk biaya pendaftaran peserta sebesar Rp 300 ribu/orang. Dengan kompensasi tshirt juga kebutuhan peserta, serta voucher belanja di UMKM senilai Rp 100 ribu.

“Sekitar 200 rider dari berbagai daerah di Indonesia bakal ambil bagian dalam event Kendal Enduro 2022. Ada dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan, Riau atau Batam, Ambon dan daerah lain yang sudah mendaftar,” beber politisi PAN tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto didampingi Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid mengaku, pihaknya mendukung apa yang dilakukan oleh ISSI Kendal dalam event Kendal Enduro 2022.

“Ya karena ini event yang positif dan bisa mengangkat potensi pariwisata Kabupaten Kendal, khususnya sport tourism. Baik di tingkat nasional bahkan internasional, Pemerintah Kabupaten Kendal tentu sangat mendukung,” ungkapnya.

Sedangkan anggota Komisi A DPRD Kendal, Rubiyanto menambahkan, sport tourism dinilai berkontribusi dalam mengangkat pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kendal. Menurutnya, sebagai daerah dengan bentang alam yang indah dan beraneka ragam, seharusnya model pariwisata olahraga ini menjadi andalan utama pariwisata.

Sebab secara faktor sumber daya alam saja, Kendal mempunyai potensi mumpuni dengan kualitas yang sangat tinggi. Yakni potensi wisata pantai dan pegunungan, yang menggambarkan keeksotisan alam dari Kendal .

“Saat ini juga sudah banyak event-event olahraga yang digelar di Kendal. Harapannya, bisa mengangkat potensi sport tourism,” ungkap politisi PKS tersebut. (Advertorial-HS)

Keluarga Iwan Boedi Kirim Surat ke Petinggi Negara, Akan Ada Pesan Khusus Buat Panglima TNI

Mbak Ita Optimistis Kontingen Porprov Korpri Kota Semarang Bisa Raih Juara Umum