Upaya PMI Kota Semarang Menjaga Stok Darah Selama Ramadan 

Pelayanan donor darah PMI Kota Semarang menggunakan bus keliling.

 

HALO SEMARANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang mengungkap stok darah pada bulan Ramadan menipis. PMI Kota Semarang terus berupaya agar stok darah tetap terpenuhi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian Pelayanan Donor PMI Cabang Kota Semarang, dr Yusti Triwianti kepada halosemarang.id, Selasa (27/4/2021).

Yusti mengungkapkan, ketersediaan stok darah yang semakin menipis membuat pihaknya membuka 24 jam pelayanan donor darah selama bulan puasa, dan melakukan jemput bola di tempat-tempat ibadah.

“Stok darah memang menipis selama Ramadan ini, kami membuka 24 jam pelayanan dan melakukan pelayanan di masjid menjelang dan setelah buka puasa. Kemudian untuk gereja, vihara, klenteng kita mengajak untuk kegiatan donor di hari Sabtu atau Minggu,” ungkap Yusti.

Dikatakan Yusti, stok darah selama Ramadan menurun karena masyarakat yang sedang berpuasa masih enggan untuk melakukan donor darah.

Oleh karena itu, lanjut Yusti, masyarakat dapat mendonorkan darahnya pada malam hari di tempat-tempat ibadah atau datang ke Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang.

“Di tempat-tempat ibadah kami sudah koordinasi, bagi masyarakat yang belum bersedia donor saat berpuasa bisa pada malam hari,” katanya.

Dengan melakukan beberapa upaya tersebut, diharapkan penurunan donor darah dapat teratasi selama bulan Ramadan. Namun, dijelaskan Yusti, stok darah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), jelas Yusti, donor darah selama bulan Ramadan tidak membatalkan puasa.

“Sesuai fatwa dari MUI itu donor darah tidak membatalkan puasa,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Yusti menerangkan bahwa masyarakat dapat melihat ketersediaan stok darah melalui akun sosial media dan laman resmi PMI Kota Semarang. Di sana, data stok darah diperbaharui setiap harinya.

“Untuk masyarakat kita selalu mengingatkan, untuk stok darah bisa berubah sewaktu waktu. Bisa konfirmasi dulu kepada kami terkait ketersediaan darah di hari itu,” tutup Yusti.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.