in

Upaya Dekatkan Mahasiswa ke Hal Positif, Udinus Gelar Kegiatan Bersholawat

Kegiatan Udinus bersholawat di halaman Gedung G, Kamis (27/6/2024) malam.

HALO SEMARANG – Dalam upaya mendekatkan mahasiwa ke hal yang positif, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar kegiatan keagamaan yakni bersholawat, Kamis (27/6/2024) malam. Kegiatan diikuti oleh seluruh civitas academica Udinus, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Seluruh jamaah membaur dan bersholawat bersama Habib Muhammad bin Farid Al-Muthohar. Acara dibuka secara simbolis oleh Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom yang didampingi oleh Wakil Rektor Udinus dan jajaran lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor Udinus menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai pelengkap kegiatan religius lainnya yang memang rutin dilaksanakan. Kegiatan itu seperti Khataman Al-Quran online yang sudah masuk putaran ke-405. Kegiatan yang sudah berlangsung selama lima tahun terakhir itu rutin diadakan setiap Senin dan Kamis malam.

“Kegiatan keagamaan ini merupakan langkah kami untuk meningkatkan kesejahteraan spiritual para karyawan. Kami sebagai perguruan tinggi swasta dengan 17.000 lebih mahasiswa di 31 program studi tentu ingin selalu mendekatkan diri dengan Allah SWT dalam segala kegiatannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Edi juga menekankan Udinus yang dikenal dengan inovasi teknologinya yang canggih tak lepas dari nilai-nilai religiusnya yang kuat. Menurutnya dengan menekankan nilai tersebut, dosen dan mahasiswa terus melahirkan ide-ide cemerlang.

“Karena mendekatkan diri kepada Allah SWT menjadi salah satu kunci meraih kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sudah banyak inovasi-inovasi kami yang sukses dan memberikan banyak manfaat di masyarakat,” jelasnya.

Ketua Pelaksana Muhammad Afiq Askar berharap kegiatan ini bisa terus diselenggarakan setiap tahunnya. Melalui Badan Amalan Islam (BAI) dan Pusat Aktivitas Muslim (PAM), Udinus akan selalu mendengarkan masukan dari masyarakat untuk menyelenggarakan acara keagamaan yang bermanfaat.

“Semoga kegiatan ini bisa membawa berkah bagi seluruh civitas academica Udinus maupun masyarakat umum lainnya,” kata Wakil Ketua Umum BAI Matholi’ul Anwar Udinus itu.

Acara inti diawali dengan pembacaan maulidurrasul yang dipandu oleh Ustadz Ahmad Adib Nawawi, S.H.I dan diiringi penampilan Rebana Hubbul Musthofa Bandungan. Dilanjutkan dengan Mauidhoh Hasanah dan Mahalul Qiyam bersama Habib Muhammad bin Farid Al-Muthohar. (HS-06)

Dalam tausiahnya, Habib Muhammad bin Farid Al-Muthohar mengajak mahasiswa yang hadir bersholawat untuk tidak ada yang mengalami stres, terjerat judi slot ataupun pinjaman online. Ungkapnya, keberkahan sholawat dapat menjauhkan mahasiswa dari hal-hal negatif itu.

“Saya doakan mahasiswa yang hadir malam ini dilancarkan rezekinya, tidak ada kekurangan apa pun dalam menjalankan perkuliahan di kampus. Semua ilmu yang didapat bisa bermanfaat sesuai nilai-nilai agama serta moral,” ujarnya.

Habib Muhammad bin Farid Al-Muthohar juga menyoroti fenomena digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan yang perlu diwaspadai para jamaah. Sekarang segala sesuatunya serba digital. Hal itu menuntut mahasiswa untuk waspada dan lebih bijaksana dalam memanfaatkannya. (HS-06)

Pj Gubernur Jateng: Gerakan Kembali ke Meja Makan Jadi Momentum Untuk Memperhatikan Keluarga

Polisi Berhasil Identifikasi Sementara soal Temuan Potongan Kaki di Marina Semarang