in

Unkatur Sabet Juara Lomba KRENOVA Kota Semarang 2021

Ketua tim lomba Universitas Nasional Karangturi (Unkartur), Raka Bachtiar Kuspradanarto menerima piala dan piagam juara satu dari Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

 

HALO SEMARANG – Tim Mahasiswa Universitas Nasional Karangturi (Unkartur) berhasil meraih juara dalam lomba KRENOVA Kota Semarang 2021, kategori mahasiswa, dengan membawakan sebuah inovasi yaitu “TEKO Inovasi Minuman Lokal (Sinergi Tempe dan Kopi)”.

Tim Unkartur mampu unggul dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang, dengan menyisihkan beberapa ratus tim yang mengajukan proposal lomba. Lima proposal tim terbaik mempresentasikan secara langsung kepada para juri di gedung Bapeda Kota Semarang.

Sejumlah mahasiswa menjadi wakil tim Unkatur yaitu, sebagai ketua tim Raka Bachtiar Kuspradanarto dari Program studi (Prodi) S-1 Teknologi Pangan 2019, Geraldus Tegar Mahardhika dari Prodi S-1 Manajemen 2018, Ficky Florensia Handoyo dari Prodi S-1 Psikologi 2019, Irene Adriana Putri dari Prodi S-1 Sistem Informasi, dan Vanessa Elvina Ariella dari Prodi S-1 Akuntansi 2019.

Ketua tim lomba Raka Bachtiar Kuspradanarto mengatakan, awal mula terciptanya TEKO ini diambil dari gagasan untuk mengembangkan bahan pangan lokal menjadi sebuah produk berkualitas, dengan memiliki nilai atau fungsi kesehatan serta dapat diterima di kalangan anak muda.

“Negara Indonesia merupakan produsen tempe dan kopi terbesar di dunia, sekaligus menjadi pasar kedelai di dunia. Tim Krenova Unkartur pun melihat fenomena kopi sebagai trend anak muda di masyarakat,” kata Raka sapaan akrabnya, Jumat (6/8/2021).

Melihat potensi hasil pangan lokal tempe dan tren kopi tersebut, Tim Krenova Unkatur memiliki konsep untuk menggabungkan kedua bahan pangan lokal ini menjadi bahan pangan fungsional melalui berbagai uji coba yang dilakukan. Maka kemudian terciptalah TEKO.

“Dengan diraihnya gelar juara, tim Krenova Unkartur mendapatkan kesempatan untuk lanjut mengikuti Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah dan tentunya dengan persiapan yang lebih matang dan bimbingan dari Pemerintah Kota Semarang,” ujarnya.

Hal ini pun, lanjutnya, menjadi salah satu kebanggaan Unkartur, karena pertama kali mengikuti kompetisi Krenova dan mampu meraih prestasi juara satu.

“Tentunya hal ini menjadikan sebuah motivasi dan memacu untuk terus berkreasi dan berinovasi, dengan tetap rendah hati demi memberikan kontribusi nyata kepada mayasrakat,” paparnya.(HS)

Share This

Isi Tabung Oksigen Gratis Untuk Warga Semarang, Ini Yang Disampaikan Hendi

Layanan KB Gratis di Kota Pekalongan Tetap Dibuka