in

Universitas Sragen Resmi Dibuka, Bupati : Warga Kalau Kuliah Tidak Perlu Jauh-Jauh

Peresmian Universitas Sragen di Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (16/5/2024). (Foto : sragenkab.go.id)

 

HALO SRAGEN – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengajak para kepala desa dan camat, untuk ikut mempromosikan Universitas Sragen (Unissra), yang belum lama ini resmi beroperasi.

Peresmian perguruan tinggi pertama di Kabupaten Sragen itu,  ditandai dengan launching dan pelantikan Rektor Unissra, di Pendopo Sumonegaran, Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (16/5/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyebut selain memiliki Unissra, Sragen juga mempunyai Politeknik Pariwisata (Poltekpar) yang saat ini masih menginduk di Poltekpar Bali.

Ia berharap adanya Universitas Sragen bisa meningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Bumi Sukowati.

“Saya mengajak kepala desa (kades) camat untuk sama-sama mempromosikan Unissra. Warga Sragen kalau kuliah tidak perlu jauh-jauh, cukup di Sragen sudah ada kampus bagus,” kata dia, seperti dirilis sragenkab.go.id.

Sementara Rektor Unissra, Suharno, berjanji untuk menjalankan amanah dengan ketulusan hati, dedikasi, integritas, dan optimisme.

Dia menyebut bahwa keberadaan Unissra adalah untuk kemajuan bangsa dan negara, serta siap bersinergi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan program pembangunan baik di tingkat pusat maupun daerah.

Suharno juga mengucapkan terima kasih kepada UNS yang telah memberikan izin untuk bertugas di Unissra, menyatakan hubungan antara Unissra dan UNS seperti hubungan bapak dan anak, di mana UNS akan mendukung penuh kemajuan Unissra.

Untuk diketahui, Unissra adalah gabungan Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan di bawah Yayasan Pondok dan Pendidikan Islam (Yappi) Sragen.

Terbentuknya Unissra berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kampus resmi Kabupaten Sragen ini mempunyai beragam Fakultas dan Prodi unggulan, di antaranya Fakultas Informatika dan Kesehatan (FIKES), prodi Diploma 3 Keperawatan, S-1 Informatika, S-1 Administrasi rumah sakit, dan S-1 Fisioterapi.

Tidak hanya itu, ada pula Fakultas Hukum (FH) prodi S-1 Ilmu Hukum serta Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) S-1 PGSD.

Pembina Yappi, Sragen sekaligus mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mengaku bangga putra daerah Sragen bisa menjadi Rektor Unissra. Sebelumnya Untung menyebut Suharno telah 20 tahun mengabdi di UNS.

“Di Sragen maaf, kita agak ketinggalan kalau bicara tentang universitas, bukan pendidikan ya. Jadi ya baru ini, Sragen punya universitas,” terang Untung.

Untung menerangkan sistem pembelajaran di Unissra menggunakan e-learning, sehingga mahasiswa mempunyai fleksibilitas waktu misalnya untuk kuliah dan bekerja.

Pihaknya berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

“Kami juga punya program, bagi anak yang cerdas, miskin, yang memenuhi kriteria dikasih beasiswa. Bagi anak yatim kami kasih beasiswa. Kami akan kerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan,” kata dia. (HS-08)

100 Anggota PPK Pilkada 2024 di Sragen Resmi Dilantik

Lawan Begal hingga Jari Putus, Satrio Mukhti (18) Langsung Direkrut Kapolri Masuk Bintara