in

Universitas Pertahanan Indonesia dan Colombo Tandatangani Kesepakatan Kerja Sama

Penandatanganan Kerja Sama Universitas Pertahanan Indonesia dan Colombo. (Foto : Kemlu.go.id)

 

HALO SEMARANG – Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia dan General Sir John Kotelawala Defence University, Colombo (KDU), menandatangani MoU kerja sama pendidikan tinggi dan riset strategis bidang pertahanan dan keamanan

Penandatanganan dilakukan secara virtual oleh Rektor Unhan, Prof. Dr. Amarulla Octavian dan Vice Chancellor, Maj. Gen Milinda Peiris.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Rektor 1 Unhan, Mayjen Dr Jonni Mahroza, Rektor Unhan mengatakan bahwa kesepakatan kerja sama dengan KDU, merupakan perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi, untuk terus memajukan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, antara lain melalui pengembangan kurikulum, double degree program, termasuk kegiatan penelitian terkait pertahanan bersama.

Vice Chancellor KDU, mengatakan penandatanganan MOU, yang telah direncanakan sejak tahun 2011, akan menjadi batu loncatan bagi pengembangan kerja sama pendidikan dengan Universitas Pertahanan Indonesia, termasuk bagi pengembangan kegiatan akademik yang berkelanjutan, baik melalui pertukaran dosen, workshop, penelitian strategis dan identifikasi berbagai peluang kerja sama, serta pengembangan bidang keilmuan criminal justice dan teknologi.

Pada kesempatan yang sama, Dubes RI Colombo, I Gusti Ngurah Ardiyasa menyambut baik juga menekankan pentingnya implementasi program kegiatan yang disepakati dalam MOU.

“Menjadi tugas kita untuk merealisasikan program kegiatan yang telah disepakati bagi kemajuan dunia pendidikan di kedua negara,” kata Dubes Ardiyasa, seperti dirilis laman resmi Kementerian Luar Negeri RI.

MoU juga mengatur tentang pemberian bantuan hibah bagi kegiatan penelitian, pemberian beasiswa dan kegiatan study visit. Hal penting lainnya adalah fasilitasi pelatihan dosen dan peneliti, pertukaran literatur dan kepustakaan serta fasilitasi penelitian bersama. (HS-08)

Share This

Kapolri Ingin Polisi Makin Dekat dengan Masyarakat

Polri : Lawan Petugas Selama PPKM Darurat Bisa Dipidana