in ,

Universitas Muhammadiyah Kendal Batang Terima Hibah Smart Classroom

Rektor UMKABA, Sri Rejeki, Kepala LLDIKTI wilayah VI Jawa tengah, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H dan Ketua Tim Task Force Program Kemdikbud Ristek saat penyerahan hibah Smart Clssroom, di kampus UMKABA, Jumat (22/12/2023).

HALO KENDAL – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI menyerahkan hibah fasilitas pembelajaran canggih berupa Smart Classroom kepada Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (UMKABA).

Hibah tersebut diserahkan secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Ristek dan diterima langsung oleh Rektor UMKABA, Dr Sri Rejeki, MKes.

Acara Seremoni penyerahan hibah berlangsung di kampus UMKABA, di Jalan Pemuda Nomor 42-46 Kota Kendal, Jumat (22/12/2023).

Wakil Rektor 3, Utomo mengatakan, sebelumnya, telah dilaksanakan pelatihan penggunaan Smart Classroom yang diikuti oleh teknisi dan dosen UMKABA di ruang khusus.

Pelatihan ini diselenggarakan secara serentak di 179 perguruan tinggi yang juga menerima hibah Smart Classroom di seluruh Indonesia, menggabungkan format hibrid dengan peserta luring dari tiga universitas.

“Yaitu Universitas Vor de Cock Bukit Tinggi, Sumatera Barat, Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang, Jawa Timur dan Universitas Kusuma Husada, Surakarta, Jawa Tengah. Sementara, peserta dari perguruan tinggi lainnya mengikuti pelatihan secara daring,” beber Utomo.

Dijelaskan, Smart Classroom adalah fasilitas yang memanfaatkan cloud dan didukung dengan teknologi televisi layar sentuh, kamera, dan koneksi internet yang stabil.

“Melalui televisi touch screen yang ada, dosen bisa mengakses materi pada cloud, menampilkan presentasi serta memanfaatkannya sebagai papan tulis sekaligus. Segala fitur tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran,” jelasnya.

Sementara itu Kepala LLDIKTI Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H yang hadir dalam acara berpesan, dengan adanya penambahan fasilitas Smart Classroom, diharapkan layanan pembelajaran di UMKABA semakin berkualitas dan memajukan pendidikan tinggi di Indonesia.

“Penerimaan hibah Smart Classroom dari Kemendikbud Ristek RI mencerminkan komitmen UMKABA untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bagi para mahasiswanya,” pesannya.  (HS-06)

 

Polda Jateng Tak Segan Tindak Tegas Pelaku Kejahatan Selama Nataru

26 OPD dan 7 RSUD Milik Pemprov Jateng Raih Predikat Informatif