Unit Jurnalistik DKC Banyumas Rekrut Anggota Baru

Pelatihan pengelolaan untuk anggota baru Unit Jurnalistik Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Banyumas, di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Banyumas. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Unit Jurnalistik Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Banyumas, menggelar pelatihan Pengelolaan Unit Jurnalistik untuk anggota baru. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, mulai Jumat-Senin (5-8/03/2021) di Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang Banyumas.

Ketua Unit Jurnalistik DKC Banyumas, Anugrah Wicaksono mengatakan kegiatan diikuti oleh 18 peserta, terdiri atas 6 putra dan 12 putri, berasal dari berbagai pangkalan di Kabupaten Banyumas.

“Mengingat masih pandemi, kegiatan tatap muka tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat, mulai dari pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker, dan selalu menjaga jarak,” kata dia, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Wicaksono menambahkan ada 11 materi yang disampaikan kepada para peserta meliputi fundamental kepramukaan, setiap Pramuka adalah kantor berita, pengelolaan perpustakaan dan teknik pembuatan buletin. Selain itu juga ada materi teknik video editing, teknik penyiaran radio, reportase berita elektronik dan cetak, pengelolaan media sosial dan website, teknik fotografi editing, desain grafis, serta pengelolaan alat broadcasting.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih dan memberikan bekal pengetahuan mengenai hal-hal yang terkait dengan dunia jurnalistik, yang akan digunakan untuk bertugas pada masa bakti selama satu tahun kedepan,” tambahnya

Selain itu juga untuk melatih kedisiplinan, rasa kekeluargaan dan tanggung jawab anggota Unit Jurnalistik angkatan 9.

“Dengan diadakannya kegiatan Pengelolaan Unit Jurnalistik Angkatan 9 ini, diharapkan para anggota Unit Jurnalistik Angkatan 9 sudah mempunyai dan menguasai dasar-dasar dari kejurnalistikan serta melatih untuk berpikir dan bertindak cepat dalam melaksanakan sesuatu,” kata Wicaksono. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.