in

Unika Soegijapranata Sinergikan Riset Bersama Bank Indonesia

Rektor Unika Soegijapranata, Dr Ferdinandus Hindiarto, SPsi, MSi melakukan kunjungan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

 

HALO SEMARANG – Rektor Unika Soegijapranata, Dr Ferdinandus Hindiarto, SPsi, MSi bersama para pembantunya melakukan kunjungan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Selasa (6/10/2021).

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian tur perkenalan empat pembantu rektor yang baru dilantik dan sekaligus menjalin kerja sama.

“Saya awal bulan ini diberi amanah untuk memimpin Unika Soegijapranata sebagai rektor, pada hari ini berkunjung ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah bersama para wakil rektor yang baru dilantik,” kata Ferdinandus menyampaikan maksud kunjungannya.

Ferdinand menyampaikan, beberapa program yang dimaksud di antaranya adalah publikasi riset terapan dan penelitian. Menurutnya, program tersebut masih perlu ditingkatkan dan dikembalikan kepada masyarakat.

“Tentu kehadiran kami selain silaturahmi dan memperkenalkan diri, juga menyampaikan beberapa hal terkait spirit yang kami usung selama empat tahun ke depan yaitu Imflamere Humanitatem (Menyalakan Kemanusiaan). Maka kami berharap program yang kami canangkan dapat bersinergi dengan para pihak di luar Unika salah satunya adalah dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng,” lanjutnya.

Ia menyinggung kerja sama yang pernah dijalin bersama Bank Indonesia, yaitu riset bersama Prodi Manajemen. Dengan landasan tersebut, ia bermaksud untuk melanjutkan kerjasama berbasis riset yang pernah terjalin.

“Kami akan kembangkan pusat studi baru yaitu pemberdayaan desa. Menurut kami seharusnya kami ada di sana, dan ini yang sudah kami lakukan yaitu pendampingan sembilan desa wisata di beberapa daerah, bekerja sama dengan beberapa organisasi di luar negeri,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng, Pribadi Santoso menyambut baik usulan kerja sama. Baginya, progam riset akan ditindaklanjuti sebagai program sinergi lanjutan.

“Kami menyambut baik, rencana kerja sama riset itu agar bisa ditindaklanjuti termasuk beasiswa dan lain-lain,” ucapnya.

Ia menyampaikan sejumlah kerja sama riset bersama para akademisi. Kerja sama tersebut berupa perancangan aplikasi untuk pengembangan desa wisata serta lainnya yang bersifat teoritis.

“Kerja sama riset baik riset akademis yang bersifat teoritikal maupun aplikasi juga sering kami lakukan. Seperti misalnya aplikasi adalah pengembangan desa wisata. Termasuk yang berkaitan dengan pangan, karena mandat kami adalah menjaga stabilitas inflasi, maka riset dan policy tentang pangan menjadi bagian yang kami lakukan,” paparnya.(HS)

Share This

Perantara Narkoba Diringkus di Cepiring, Kasatresnarkoba Polres Kendal: Upahnya Satu Paket

Paket Wisata Medis Akan Sapa Wisatawan Kota Semarang