Ungkap Kasus Pembuangan Bayi, Ini Pesan Kapolres Banjarnegara Untuk Orang Tua

Kapolres Banjarnegara, AKBP Fahmi Arifrianto.

 

HALO BANJARNEGARA – Kapolres Banjarnegara, AKBP Fahmi Arifrianto mengimbau semua orang tua, agar lebih waspada dan hati-hati dalam menjaga dan mengawasi pergaulan anak-anaknya.

Hal itu disampaikannya usai mengungkap kasus pembuangan bayi di aliran Sungai Serayu Waduk Jendral Soedirman, Desa Tapen, Rt 01 RW 04, Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara, baru-baru ini.

“Saya minta kepada RT dan RW, kalau ada prilaku warganya yang aneh seperti dalam kasus ini, langsung laporkan kepada tenaga kesehatan setempat, karena jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali,” pinta Kapolres, Sabtu (6/3/21).

Sedangkan untuk kasus pembuang bayi di wilayahnya, menurutnya, pelaku dalam pemeriksaan psikologi dinyatakan normal dan sehat. Dirinya mengatakan, kejadian ini harus menjadi pelajaran bagi orang tua.

“Saya minta untuk saling jaga sebagai orang tua, apakah pergaulan anaknya ini sudah benar atau tidak,” kata Kapolres.

Dalam kasus serupa, sebenarnya Polres Banjarnegara sudah menangani dua kasus, namun masih satu yang terungkap.

“Ada dua kasus yang sama dalam pembuangan bayi ini, namun baru satu kasus yang berhasil kami ungkap. Sedangkan satu kasus masih dalam penyidikan,” kata AKBP Fahmi Arifrianto.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Banjarnegara, Iptu Donna Briadi menjelaskan, kasus pembuangan bayi ini terungkap dari penemuan barang bukti di lokasi kejadian, salah satunya celana pelaku.

Setelah dilakukan pemeriksaan darah yang ada di celana dan serpai, ternyata sama dengan darah yang bersangkutan.

“Pelaku dalam proses kelahiran bayi tanpa dibantu orang lain. Proses pembunuhan dan pembuangan bayi juga dilakukan sendiri,” lanjutnya.

Dikatakan Iptu Donna, akibat perbuatan ini, pelaku dapat dijerat dengan pasal perlindungan anak dan atau Pasal 342 KUHP.

“Pelaku diancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan ditambah sepertiga ancaman hukuman karena pelaku merupakan orang tua kandung,” imbuhnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.