in

Undian Gebyar Sadar Pajak, Pemkab Batang Sediakan 4 Unit Motor

Pengundian Gebyar Pajak dari Pemerintah Kabupaten Batang. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Batang, memberikan penghargaan kepada pembayar pajak bumi bangunan (PBB) dan pajak restoran, dengan menggelar Pengundian Gebyar Pajak dari Pemerintah Kabupaten Batang.

Pengundian terhadap lebih kurang 52 ribu peserta, dilakukan secara otomatis. Sistem akan memilih Nomor Objek Pajak (NOP) pembayar pajak dan warga, yang mengirimkan nota makanan, di tempat yang sudah terdapat tapping box.

Menurut Bupati Batang Wihaji, undian hadiah pajak tersebut, merupakan sebagian inovasi Pemkab Batang, agar warga senang membayar pajak.

“Pendapatan negara yang paling berpengaruh adalah pajak, terlebih di negara maju. Semangatnya, dana yang didapat, dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan dan pelayanan publik. Contohnya perbaikan jalan, pembangunan masjid, dan pembangunan gedung,” kata dia, seperti dirilis Batangkab.go.id.

Dia juga mengemukakan, pada triwulan pertama 2021, pendapatan Kabupaten Batang baru mencapai Rp13 milyar, namun dengan inovasi yang dilakukan, pada periode yang sama tahun ini bisa mencapai Rp 22 milyar.

“Restoran yang paling banyak membayar pajak di Rest Area Kabupaten Batang, karena hampir Rp 1 milyar pendapatannya, padahal itu hanya 5 restoran saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPKPAD Kabupaten Batang Sri Purwanigsih mengatakan, Pengundian Gebyar Sadar Pajak merupakan percepatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Batang dari sektor pajak untuk tahun 2022.

“Kemudian, adanya peningkatan pencapaian piutang PBB pada tahun 2013 hingga 2021 karena di sini memang banyak piutang sekitar ada Rp 33 milyar. Kita juga melatih kepatuhan pajak bagi masyarakat dan pengusaha restoran,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam pengundian ini, sistem akan memilih berdasarkan Nomor Objek Pajak (NOP). Jadi siapapun yang mendapatkan hadiahnya, meskipun tidak hadir di sini, pasti akan diberikan dan yang makan mendapat hadiah.

Ini merupakan inovasi baru dari Pemkab Batang dengan cara nota pembayaran makan kita daftarkan ke BPKPAD Kabupaten Batang tapi syaratnya restorannya harus yang sudah ada tapping box selain itu tidak bisa.

“Pengundian Gebyar Sadar Pajak untuk PBB yang mendapatkan hadiah satu unit motor yaitu Taryonah warga Desa Penundan Banyuputih Batang dan Wasturi warga Desa Kaliboyo Tulis dan untuk pajak restoran yang mendapatkan satu unit motor yaitu Nur Fadhilah warga Kauman Batang dan Dwi Winarno Ardiyasa warga Proyonanggan Tengah, Batang,” ujar dia. (HS-08)

Gelar Undian Pajak Berhadiah, Pendapatan Pemkab Batang Naik Rp 9 Miliar

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Kamis (31/3/2022)