UMKM Ini Bertahan Dengan Berbagai Inovasi di Tengah Pandemi

Maria Ulfah menata makanan yang akan dia jual di toko Ulfah Snack dan Cake di Perumahan Mawar Indah No 31 RT 08 RW 09, Desa Sarirejo, Kaliwungu.

 

HALO KENDAL – Di Kabupaten Kendal, kini bermunculan banyak pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), yang memproduksi berbagai macam produk kuliner. Mulai dari makanan kering maupun makanan basah, serta berbagai macam produk lainnya.

Semakin banyaknya pelaku UMKM, maka mereka dituntut untuk mengembangkan kreatifitasnya dan berinovasi untuk bisa bersaing.

Terutama dalam membuat berbagai macam olahan produk, dan harus pandai dalam menerapkan strategi promosi agar menarik minat konsumen.

Apalagi di masa pandemi ini, persaingan bisnis juga sangat ketat akibat menurunnya daya beli masyarakat.

Salah satu yang sedang menggeluti usaha kuliner adalah Maria Ulfah (29). Pelaku UMKM asal Desa Krajan Kulon, Kecamatan Kaliwungu, Kendal ini, sejak 2014 lalu sudah menggeluti usaha dengan memproduksi berbagai macam jenis roti dan snack.

Meski belum menjangkau ke pasar yang lebih luas, kue dan snack yang dijual di toko Ulfah Snack dan Cake ini sudah cukup dikenal di lingkungan Kecamatan Kaliwungu.

“Dulu kami hanya memproduksi beberapa oalahan makanan saja, seperti kue bolu, puding, lumpia dan arem-arem, dengan omzet sekitar Rp 4.000/bulan. Maka kami berusaha untuk berinovasi agar bisa lebih berkembang,” ujarnya, Rabu (28/10/2020).

Kini setelah banyak mencari informasi soal jenis makanan, serta berinovasi membuat berbagai macam olahan makanan, Maria mengaku omzetnya meningkat hingga 40 persen.

Bebarapa jenis makanan ringan yang dia buat, seperti kue donat, brownies lumer, kue bolen, kue ulang tahun, pizza sangat diminati masyarakat sekitar.

“Alhamdulilah berkat inovasi membuat berbagai macam jenis olahan makanan yang sesuai dengan keinginan konsumen, pendapatan meningkat. Selain berinovasi dalam produk, kami juga melakukan promosi secara online, dengan memanfaatkan sosial media. Kini pendapatan saya mencapai Rp 7 juta/bulan,” ungkapnya.

Sadar tentang persaingan bisnis kuliner khususnya di tingkat UMKM, dirinya tak ingin berhenti dalam berinovasi. Dia yakin, meski banyak tumbuh UMKM baru, bisnis kuliner akan tetap dibutuhkan karena berkaitan dengan kebutuhan hidup.

Maria Ulfah juga menyampaikan, bagi warga Kendal yang ingin memesan aneka macam kue buatannya, bisa langsung datang ke toko Ulfah Snack dan Cake yang beralamat di Perumahan Mawar Indah No 31 RT 08 RW 09, Desa Sarirejo, Kaliwungu.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.