in

UMKM di Kota Pekalongan Diajak Instagram dan Whatsapp

Roadshow Literasi Digital yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan, Jawara Internet Sehat, dan Relawan TIK di Kota Pekalongan. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Sejak dilaunching akhir September lalu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan, Jawara Internet Sehat, dan Relawan TIK terus menggelar Roadshow Literasi Digital, di 16 kelurahan dan empat kecamatan. Roadshow dilakukan mulai 30 September hingga 19 November 2021.

Kasi Aplikasi dan Pelayanan PBE Dinkominfo, Rakhmawati ST, Sabtu (2/10) menjelaskan dalam roadshow tersebut, penyelenggara mengajak pelaku usaha, terutama UMKM, agar memanfaatkan Instagram dan Whatsapp Bussines, untuk memasarkan produk dan mendongkrak penjualan.

“Pemanfaatan teknologi saat ini sudah sangat familiar bagi kebanyakan orang, terlebih pengguna IG dan WA. Kami mendorong agar mereka dapat menggunakan teknologi untuk kegiatan positif,” kata Rakhmawati, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Ketua Relawan TIK Kota Pekalongan, Much Rifqi Maulana MKom, mengatakan dalam mengoptimalkan penggunaan medsos, tentunya harus dibarengi kesadaran keamanan data pribadi.

Selain itu juga tidak mudah terpancing oleh hoax atau penyebaran pesan berantai yang belum jelas kebenarannya.

Selain tema pengoptimalan medsos dan privasi digital, tema lain yang tak kalah menarik, adalah sosialisasi menjaga keselamatan anak dari dunia maya. Rifqi mengaku prihatin, karena banyak anak yang tidak mampu mengontrol penggunaan gawainya.

“Menjadi kekhawatiran bersama karena banyak anak yang tidak terkontrol dalam menggunakan gawainya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai narasumber Desi seorang food fotografi memberikan tips dan trik cara mengambil foto produk supaya tampak menarik.

Perlu diketahui, Jawara Internet Sehat merupakan sebuah program untuk mendorong anak muda dari berbagai daerah di Indonesia, agar dapat berperan dalam Program Indonesia Makin Cakap Digital.

Dengan semangat dan kapabilitasnya, mereka akan menginisiasi dan melaksanakan edukasi literasi digital di daerahnya masing-masing. (HS-08)

Share This

Pemkot Pekalongan Targetkan Bentuk OPD Khusus Perbatikan

Gandeng IMBI, Polres Sukoharjo Gelar Vaksin Dengan Sasaran Pelajar dan Masyarakat Umum