UMKM Di Kendal Dibekali Pelatihan Kewirausahaan Mandiri

Pelatihan UMKM Kendal di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal, Selasa (6/4/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal bekerja sama dengan PT Indomaret memberikan pelatihan kewirausahaan mandiri Usaha Mikro Kecil dan Menengah, kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal.

Kegiatan pelatihan digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal, Selasa (6/3/2021).

Kegiatan yang mengangkat tema “Strategi UMKM Bertahan Dimasa Pandemi Virus Covid-19” dihadiri oleh Bupati Kendal, Dico Ganinduto dan Sekda Kendal, Moh Toha.

Selain itu juga hadir Pengurus CSR Kantir Pusat PT Indomaret Purwanto Wahyudi dan Bambang Tijanto, juga perwakilan PT Indomaret Semarang, serta diikuti oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal.

Kepala Disperinkop dan UKM Kabupaten Kendal, Kun Cahyadi dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal, agar dapat memasarkan produknya ke pasar ritel modern dalam hal ini PT Indomaret.

“Selain itu agar para pelaku mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas produknya,” paparnya.

Sedangkan tujuan lainnya, terjalinnya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Kendal dengan pihak swasta untuk mendorong pelaku UMKM lebih maju dan sejahtera. Sehingga dapat meningkatan perekonomian daerah Kabupaten Kendal.

“Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga banyak pelaku UMKM di Kabupaten Kendal produk-produknya bisa masuk di toko ritel PT Indomaret yang ada di wilayah Kabupaten Kendal. Sehingga mempermudah mereka dalam memasarkan produknya,” jelasnya.

Kemudian acara dilanjut dengan saling memberikan cendera mata antara Pemkab Kendal dan pihak PT Indomaret, serta peninjauan ke bazar PT Indomaret yang isinya produk dari pelaku UMKM di Kabupaten Kendal.

Sementara itu, salah seorang peserta, Mei Anita, warga Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan ini sangat bermanfaat baginya dan bagi para pelaku UMKM lainnya.

Pada Dalam kesempatan Mei juga mendapatkan bantuan satu unit gerobak untuk jualan, ditambah kesempatan untuk berjualan di halaman Indomaret secara gratis selama satu bulan.

“Saya juga akan dilatih membuat ayam crispy sampai bisa. Pokoknya kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, bagi UMKM seperti kami,” ungkapnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.